Kabar Gunung Raung: Alami Erupsi Beberapa Kali, BPBD Tetapkan Status Level 1
Gunung Raung (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Kabar Gunung Raung menjadi sorotan setelah gunung berapi tersebut mengalami erupsi beberapa kali. 

Kabar Gunung Raung

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur sendiri menyebutkan bahwa Gunung Raung sempat erupsi empat kali pada Rabu, 27 Juli malam. Akibat hal tersebut, tiga daerah sekitar seperti Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, terkena hujan abu.

"Tidak ada korban jiwa atau kerusakan. Sejauh ini dampaknya hanya hujan abu di sekitar lereng Gunung Raung," jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Sriyono, dikonfirmasi, Kamis, 28 Juli.

Masih Relatif Aman

Meski Gunung Raung sempat erupsi, kondisinya saat ini masih relatif aman. BPBD Jatim terus berkoordinasi dengan Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Raung. Serta Pusdalops BPBD Kabupaten Banyuwangi, dan Pusdalops BPBD Kabupaten Bondowoso.

"Untuk aktivitas warga masih berjalan normal. Status Gunung Raung masih aktif berada di Level 1," ujarnya.

Sriyono mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas gunung teraebut. Tujuannya untuk memastikan  daerah sekitar aman, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Alami Erupsi

Berdasarkan pantauan BPBD Jatim dari Bondowoso, gunung dengan ketinggian 3.332 meter ini telah mengalami empat kali erupsi pada Rabu, 27 Juli. Ketika erupsi, Gunung Raung memuntahkan abu dengan ketinggian kolom 1.500 meter di atas puncaknya.

"Saat empat kali erupsi, terjadi hujan abu dengan ketinggian kolom 1.500 meter mengarah ke barat laut lereng Gunung Raung," katanya.