Rumah Jagal Anjing di Surabaya Digerebek, Dua Orang Pengelola Diperiksa Polisi
Polrestabes Surabaya (ILUSTRASI DOK ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Kasus jagal anjing di Surabaya diselidiki oleh Polrestabes Surabaya. Sebelumnya, polisi juga menggerebek rumah jagal anjing di Surabaya, tepatnya berada di Jalan Pesapen, Sumur Welut, Lakarsantri.

Penyelidikan sendiri dilakukan setelah aparat menggerebek rumah jagal pada Minggu, 31 Juli. Penggerebekan dilakukan bersama Komunitas Animals Hope Shelter (AHS).

Pengelola Rumah Jagal Anjing di Surabaya

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Mirzal Maulana, mengatakan saat ini pihaknya sedang memeriksa kedua orang pengelola rumah jagal daging anjing tersebut.

"Dari laporan masyarakat, kami sudah bersama-sama mengecek lokasi dengan komunitas pecinta hewan. Temuan tersebut ditindaklanjuti dengan pendalaman pemeriksaan terhadap pemilik dan pihak-pihak terkait," kata Mirzal, dikonfirmasi, Senin, 1 Agustus.

Awal Mula Penggerebekan

Sementara itu, Komunitas Pecinta Satwa Animals Hope Center, Christian Joshua Pale, menjelaskan awal mula mencuatnya jagal anjing tersebut. Ia mengetahui ketika pihaknya bersama polisi menggerebek tempat jagal anjing, setelah mendapat informasi dari seorang follower-nya di media sosial.

Informasi yang dia dapat menyebut ada sejumlah rumah jagal anjing di Surabaya yang telah beroperasi puluhan tahun. Ia pun melakukan penelusuran.

"Kemudian saya coba investigasi ulang di Surabaya selama seminggu. Akhirnya ketemulah salah satu di Pesapen," kata Joshua.

Pura-pura Jadi Pembeli

Dalam penelusurannya, Joshua berpura-pura menjadi calon pembeli olahan daging anjing itu ke sang penjagal. Dari sana, dia mengetahui harga daging anjing dijual Rp80 ribu per kilogram.

"Saya menyamar untuk membeli, mereka jual per kilo Rp80 ribu, satu ekor bisa sampai 14 kilogram -12 kilogram tergantung berat badannya," ujarnya.

Setelah memastikan lokasi rumah jagal anjing itu, Joshua pun melaporkan temuannya ke Polsek Lakarsantri. Namun laporannya diteruskan ke Polrestabes Surabaya dan diterima dengan nomor LP/B/862/VII/2022/SPKT/POLRESTABES SURABAYA/POLDA JAWA TIMUR.

"Akhirnya kami buat laporan ke Polsek Lakarsantri, tapi kemudian dialihkan ke Polrestabes Surabaya," katanya.

Temuan Anjing

Saat penggerebekan, lanjut Joshua, Polrestabes Surabaya, menemukan empat ekor anjing yang diikat dalam karung.

"Ada empat yang masih hidup, mereka disekap di dalam karung, kakinya diikat, mulutnya diikat, mereka juga luka karena dipukul," ujarnya.

Ditemukan Karung Kosong

Selain empat ekor anjing yang ditemukan hidup, Joshua juga menemukan enam karung lain yang diduga bekas digunakan sebagai tempat anjing yang sudah dipotong.

Kini empat anjing yang hidup itu telah dievakuasi di tempat yang aman, untuk dirawat. Kondisi mereka, kata Joshua, mengalami stress.

"Mereka trauma, ada yang luka, mereka dipaksa masuk karung, tulang kakinya bermasalah. Kami sudah evakuasi mereka di tempat kami," katanya.