Sidang Perdana Rizieq Shihab Digelar, Massa Pendukung Gemakan Shalawat Asyghil
Situasi PN Jakarta Timur di Sidang Perdana Praperadilan Rizieq Shihab (Foto: VOI)

Bagikan:

Hari ini, Selasa, 16 Maret, akan digelar sidang perdana Rizieq Shihab terkait pelanggaran protokol kesehatan (prokes). Sidang akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur. Untuk mempersiapkan hal tersebut, pengamanan pun diperketat.

Berdasarkan pantauan situasi di sekitar PN Jakarta Timur yang disiarkan oleh Tim VOI lewat kanal YouTube voidotid, terlihat banyak massa pendukung HRS berdatangan. Pendukung yang hadir didominasi oleh perempuan, namun ada pula lelaki yang hadir.

Sidang perdana Rizieq Shihab digelar secara virtual

Para ibu-ibu mengeluarkan berbagai yel-yel. Bahkan mereka sempat menggaungkan Shalawat Asyghil secara bersama-sama. Selain itu mereka juga meneriakkan “bebaskan Habib Rizieq”.

Di sekitar PN Jakarta Timur telah siaga pula aparat dari TNI dan Polri di depan gerbang PN Jaktim. Beberapa dari mereka bahkan dibekali dengan senjata lengkap. Selain dari TNI-Polri ada pula petugas keamanan dari internal PN yang juga berjaga.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menjelaskan bahwa sidang akan digelar secara virtual dan Rizieq Shihab akan mengikuti sidang dari Bareskrim.

“Walaupun demikian, Polri menyiapkan pasukan untuk pengamanan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Ada sekitar 658 personel yang akan mengamankan kegiatan sidang MRS yang akan dimulai besok. Sekali lagi, sidang secara virtual, ini masyarakat harus dipahami,” ujar Brigjen Rusdi.

Polri mengingatkan kepada para simpatisan atau pendukung Rizieq Shihab bahwa sidang akan digelar secara virtual. Majelis Hakim yang ada di PN Jaktim nantinya akan melakukan telekonferensi dengan Rizieq Shihab di Bareskrim.

“Artinya, MRS tetap berada di Bareskrim Polri untuk melaksanakan sidang tersebut, lebih baik siapa pun yang akan ikuti sidang itu, ya laksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. Karena sidang virtual, kegiatan-kegiatan akan dilakukan secara virtual juga ya. Jadi masyarakat tetap mengikuti itu, jadi MRS tetap ada di Bareskrim Polri, kegiatan ada di Pengadilan Negeri Jakarta Timur,” kata Brigjen Rusdi.

Selain informasi terkait sidang perdana Rizieq Shihab, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.