Masih Hangat Berita Kapal Selam Tua Karam, Prabowo Malah Niat Beli Jet Tempur, Pengamat: Ngurusin Staf Mereka Aja Bisa Kelelep Tanpa Jelas
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Sumber: Antara)

Bagikan:

SURABAYA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kabarnya berencana membeli jet tempur generasi ke-5, F-35. Kabar itu terungkap ketika ia melawat ke Amerika Serikat (AS) untuk melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS Mark Esper pada Oktober 2020 lalu.

Prabowo Dikritik karena Beli Alutsista Jet Tempur

Rencana Menhan kemudian mendapat sorotan dari pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie. Ia menilai Indonesia tak harus punya alutsista seperti itu karena tak jelas atau tak memiliki peta jalan (roadmaps) akan digunakan untuk apa jet tempur generasi ke-5 tersebut.

"Menhan (Prabowo Subianto) kita tiba-tiba pingin beli F-35. Come on kita bukan aliansi Amerika Serikat, kita ngapain beli F-35. Mau ke mana? Siapa yang mau kita datengin. Boro-boro ngurusin F-35, ngurusin staf mereka aja bisa kelelep (KRI Nanggala-402) tanpa jelas," katanya saat diskusi virtual, Minggu, 25 April.

Di kesempatan yang sama, Anggota Komisi I Farhan menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu memberikan tugas tambahan kepada Menteri Luar Ngeri Retno Marsudi untuk mendampingi Prabowo Subianto saat berdimplomasi.

"Untuk memastikan bahwa di balik proposal pembelian atau retrofit alutsista itu pasti ada skenarionya. Nah itu lah yang harus diperhatikan," kata Farhan.

Ia mengatakan bahwa pada dasarnya memang ada skenario atau permainan dari industri senjata dunia terkait alutsista Indonesia. Bahkan, tak jarang negara berlomba-lomba mengajukan penawaran pada Indonesia.

"Mereka melihat betapa butuhnya Indonesia terhadap modernisasi industri pertahanan ini. Penawaran-penawaran luar biasa (banyak)," ujarnya.

Misalnya, kata Farghan, ia mengaku dapat laporan dari seorang jenderal bintang 3 di TNI yang mengaku mendapat undangan khusus untuk menyaksikan manuver F-35 secara langsung di Amerika Serikat.

Sang jendral sendiri mengaku terheran-heran atas undangan tersebut. Meski ia diundang ia tak punya kewenangan untuk melakukan pembelian.

“Tetapi mereka sudah tahu ada beberapa sosok tokoh yang memang bisa menyuarakan dan memberikan pengaruh kepada para pembuat keputusan," ujarnya.

Selain terkait pembelian jet tempur oleh Menhan Prabowo, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.