Ratusan Porter Stasiun Daop Surabaya Dapat Santunan dari KAI, President PT KAI: Bentuk Perhatian Kami
Porter Stasiun Daop Surabaya Dapat Santunan dari KAI (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) membagikan santunan kepada ratusan kuli angkut alias porter stasiun di tiga tiga stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Penerima santunan mencapai 198 orang dan penyaluran dilakukan sebagai tindal lanjut Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Sembako Gratis Ramadhan Tahun 2021 dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Total ada 198 porter stasiun yang menerima bantuan. Bantuan ini merupakan bentuk perhatian kami kepada porter stasiun yang selama ini telah membantu pelayanan kepada pelanggan KAI di stasiun," jelas Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya Heri Siswanto, dikutip dari Antara pada Selasa 4 Mei.

Porter Stasiun Dapat Bantuan Berupa Paket Sembako

Dia menyebutkan para penerima santuan yakni 55 porter di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi 128 porter dan Stasiun Malang 15 porter.

Heri mengakui, dampak pandemi COVID-19 juga dirasakan para porter di stasiun yang selama ini bergantung kepada para pelanggan yang menggunakan jasa mereka, sehingga dengan bantuan itu diharapkan bisa meringankan beban setiap porter.

"Porter di stasiun merupakan mitra KAI yang bertugas membantu mengangkat barang-barang bawaan pelanggan di saat keberangkatan atau kedatangan kereta api. Tidak jarang porter juga membantu pelanggan KAI terkait info perjalanan dan fasilitas yang ada di wilayah stasiun tersebut," tutur Heri.

Sementara itu, secara nasional PT KAI total memberikan santunan senilai Rp328 juta kepada seluruh porter stasiun di berbagai wilayah kerja KAI.

Rincian santunan itu berupa paket sembako gratis senilai Rp250.000 per paket untuk 1.313 porter di berbagai stasiun kereta api. Adapun setiap paket terdiri dari beras, gula, minyak goreng, mie instan, sarden, dan sirup

Pembagian paket sembako dilakukan serentak di 12 wilayah kerja KAI yaitu Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, Daop 9 Jember, Divre I Sumatera Utara, Divre III Palembang, dan Divre IV Tanjung Karang.

"Semoga dengan adanya bantuan yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan membantu untuk mencukupi kebutuhan pokok para porter di tengah situasi pandemi COVID-19," ujar Heri lagi.

Selain terkait santunan kepada porter stasiun, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.