Viral! Rombongan Goes Wali Kota Malang Sutiaji Masuk Pantai yang Tutup saat PPKM
Rombongan Wali Kota Malang Sutiaji (IST)

Bagikan:

SURABAYA – Wali Kota Malang Sutiaji dan pejabat Pemkot Malang, Jawa Timur menjadi sorotan di linimasa media sosial. Gara-garanya, rombongan gowes para pejabat ini diduga memaksa masuk kawasan wisata Pantai Kondangmerak di Kabupaten Malang.

Peristiwa ini jadi viral karena kawasan pantai itu masih dinyatakan tutup selama masa PPKM Level 3. 

Dalam foto-foto dan video yang beredar, tampak puluhan penggowes dan mobil pelat merah beada di kawasan pantai.

Dalam sebuah foto, tampak Sekda Kota Malang Erik Seyo Santoso berkoordinasi dengan anggota polisi. Tak hanya itu, foto-foto lain juga memperlihatkan rombongan gowes ini berswafoto di kawasan Pantai Kondangmerak tersebut.

Rombongan Wali Kota Malang Sutiaji Diduga Memaksa Masuk

Informasi dihimpun, dalam rombongan itu juga ada Wali Kota Malang dan sejumlah pejabat menggelar acara gowes dari rumah dinas menuju kawasan Jalur Lintas Selatan (JLS). Namun saat berada di kawasan pantai, rombongan ini kemudian menepi. 

Sebelum menepi, rombongan ini sempat dicegat masuk karena sedang tutup. Namun diduga rombongan ini tetap memaksa masuk. Tampak dari sebuah foto, rombongan gowes ini juga melakukan swafoto dengan melompat riang.

Tak lama kabar ini pun viral di media sosial dan dibenarkan oleh Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono. Dia mengakui tengah menindaklanjuti laporan ini. 

“Iya kami sudah dapat laporan itu, tapi belum lengkap. Sejumlah saksi masih kami periksa, Kami masih penyelidikan,” katanya.

Bagoes menegaskan bila rombongan dari Pemkot Malang ini terbukti melakukan pelanggaran, maka kepolisian akan akan tegas menindaklanjutinya. 

“’Jika memang terbukti, pasti akan kita tindak. Saat ini, kita masih masuk level 3 PPKM dan Bupati belum ada instruksi untuk buka,” tegasnya.

Terpisah, Kabag Humas Pemkot Malang, Donny Sandito saat dihubungi membenarkan  foto dan video yang beredar adalah benar rombongan dari Pemkot Malang, termasuk Wali Kota Malang.

Namun Donny heran kabar terkait penolakan rombongan masuk ke pantai. Menurut dia, tidak ada pemaksaan untuk masuk ke pantai.

Donny menyebutnya terjadi salah paham yang terjadi antar pihak kepolisian karena faktor gangguan sinyal.

“Waktu itu sebenarnya tidak ada penolakan. Kami juga sudah izin bahwa ke sana hanya untuk istirahat sebentar. Mungkin gara-gara sinyal yang jelek jadi missed-komunikasi. Bapak Kapolsek juga masih di kota, tidak bisa dihubungi,” terang Donny

Dia menegakan, rombongan memang sedang beolahraga, bukan untuk berwisata. Saat melewati kawasan pantai, rombongan kata Donny memutuskan untuk beristirahat sebentar.

“Kita memang masuk sebentar untuk istirahat dan sudah izin daripada istirahat di pinggir jalan. Kita juga tidak tahu kalau ditutup,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wali Kota Malang Sutiaji Jadi Sorotan, Gara-gara Bareng Rombongan Masuk Pantai yang Tutup saat PPKM.

Selain terkait Wali Kota Malang Sutiaji, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.