5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Secara Mudah Tanpa Boros Uang
Ilustrasi cara membahagiakan diri sendiri (Kal Visuals/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Membahagiakan diri sendiri bisa dilakukan dengan beragam cara, dari yang termudah hingga yang mengeluarkan banyak uang. Anda bisa memilih cara membahagiakan diri sendiri secara mudah dan hemat.

Membahagiakan diri sendiri tak hanya berdampak pada diri, namun lingkungan sekitar Anda. Saat Anda bahagia, Anda akan membawa aura positif ke orang-orang sekitar Anda. Hal itu tentu akan memicu kebahagiaan lainnya. Selain itu kesehatan mental Anda juga akan lebih terjaga.

Untuk melakukannya, cobalah cara-cara berikut ini, dilansir dari We Are Homes for Students, Rabu, 2 Februari.

1. Lakukan meditasi

Bermeditasi adalah salah satu cara utama untuk membantu mengatur ulang pikiran. Ini memungkinkan Anda untuk memilah-milah pikiran dengan cara yang tenang tanpa menghakimi dan bahkan membantu Anda meninggalkan masalah sementara waktu.

Meditasi juga menginspirasi sisi kreatif dan keterampilan pemecahan masalah Anda, serta memungkinkan Anda untuk tidur lebih mudah tanpa pikiran mengganggu yang membuat Anda tetap terjaga di malam hari.

Meditasi juga memberikan kejernihan mental untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pribadi atau terkait pekerjaan.

Menghabiskan 20 menit sehari di tempat tenang dengan fokus pada pernapasan Anda akan membantu menghilangkan pikiran negatif dan mendorong Anda untuk lebih fokus saat kembali ke tugas yang ada.

2. Senyum

Senyum bisa menyebar seperti api. Jika Anda meluangkan waktu untuk tersenyum setiap hari, Anda mungkin menemukan bahwa momen kecil positif memengaruhi hari-hari Anda dan bahkan cara orang lain melihat Anda.

Mirip dengan mengambil napas, tersenyum menginduksi reaksi kimia yang membantu mengangkat suasana hati. Bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan stres. Ambil pandangan positif tentang perjuangan kecil sehari-hari dan Anda mungkin mendapati bahwa itu tidak menimbulkan stres seperti yang dipikirkan pertama kali.

Tersenyum bisa menjadi trik otak untuk berpikir bahwa Anda bahagia. Ini menyebarkan hal positif pada orang-orang di sekitar dan dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Anda mungkin pernah melakukannya sendiri tanpa disadari, tetapi sebagian besar persepsi dan reaksi manusia terhadap seseorang terjadi saat mereka melihatnya.

Jika Anda memulai hari dengan senyuman, kemungkinan besar Anda akan mendorong orang lain untuk bereaksi dengan cara sama. Siapa yang tahu tindakan sederhana seperti tersenyum bisa membuat begitu banyak perubahan?

3. Coba untuk menghargai diri sendiri

Tak perlu menunggu orang lain untuk menghargai diri Anda, cukup Anda yang bisa menghargai diri sendiri. Menghargai diri sendiri bisa sesederhana memutuskan bahwa Anda layak dihargai.

Mungkin terdengar mudah diungkapkan dan sulit dilakukan, tapi terus berpikir positif tentang diri sendiri perlahan-lahan akan menciptakan mentalitas dan pandangan yang berbeda tentang diri Anda.

Cara terbaik lainnya dalam menghargai diri sendiri adalah dengan mengingat seberapa jauh Anda telah melangkah. Memikirkan kembali ke tahun lalu, lima atau sepuluh tahun yang lalu – apakah Anda pernah berpikir Anda akan berada di tempat sekarang?

Apapun tujuan yang telah Anda capai, ingatlah untuk tidak menjatuhkan diri sendiri atau membandingkan pencapaian Anda dengan orang lain. Mencapai kebahagiaan dimulai dengan menghargai diri sendiri dan pencapaian Anda sendiri.

4. Cobalah jalan keluar

Luangkan satu hari untuk meninggalkan rumah dan pergi ke luar dengan menghabiskan hari bersama seorang teman. Atau sekadar berjalan-jalan dengan hewan peliharaan dan menikmati pemandangan. Menghirup udara segar beberapa menit sudah terbukti mencerahkan hari. Bahkan memiliki manfaat fisik dengan meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Berada di satu tempat sepanjang waktu dapat membuat Anda merasa bosan, oleh karena itu pergi ke luar memungkinkan Anda untuk secara fisik menjauhkan diri dari situasi stres sampai Anda memiliki kerangka berpikir yang lebih baik untuk menghadapinya.

Masalah kesehatan banyak disebabkan oleh perasaan terkungkung. Jika Anda merasa mampu memaksa diri keluar dari rumah, ada baiknya menjadwalkan sebagian hari Anda untuk meninggalkan rumah, bahkan jika Anda tidak memiliki tujuan. Bahkan keluar hanya 10 menit dapat mengubah suasana hati Anda menjadi lebih baik.

5. Ambil nafas panjang

Awalnya mungkin terdengar sepele. Tapi mencapai kebahagiaan bisa sesederhana mengambil napas dalam sepuluh kali ketukan dalam-dalam. Dalam sibuknya kehidupan sehari-hari, Anda bisa lupa memperlambat dan mengambil waktu sejenak untuk bersantai.

Anda hanya butuh dua menit di ruang tenang di mana Anda dapat meluangkan waktu untuk bernapas, melepaskan semua kekhawatiran. Dengan begitu, Anda akan merasa segar kembali menjalani hari. Bernapas dalam-dalam mengirimkan pesan ke otak untuk menenangkan diri dan mengendurkan otot-otot yang tegang dan memungkinkan pemikiran bebas yang positif.

Mengambil waktu sejenak untuk bernafas dapat mempengaruhi produktivitas Anda dan memungkinkan ide-ide untuk dirumuskan secara alami daripada dengan paksaan.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Cara Sederhana Membuat Diri Sendiri Bahagia.

Selain terkait cara membahagiakan diri, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.