4 Cara Mengatasi Kulit Iritasi yang Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi cara mengatasi kulit iritasi (Freepik)

Bagikan:

SURABAYA - Iritasi kulit biasa dikenal dengan pruritus. Penyebabnya bisa beragam, salah satunya adalah kulit kering. Pruritus bisa dialami oleh semua umur, namun lebih sering dialami oleh orang dewasa yang lebih tua. Hal itu dikarenakan produksi kolagen menurun. Selain itu cara merawat kulit yang kurang tepat juga bisa jadi pemicu. Tak perlu khawatir karena ada cara mengatasi kulit iritasi yang mudah untuk dilakukan.

Dilansir dari Mayo Clinic, Jumat, 4 Februari, Anda bisa mengatasi kulit iritasi dengan beberapa cara perawatan kulit ini.

1. Lembapkan kulit

Pelembap kulit, perlu dipilih yang bebas dari aditif, wewangian, dan parfum. Ini merupakan cara untuk mengurangi rasa gatal. Pada beberapa kondisi kulit sensitif, wewangian dan parfum justru memicu iritasi.

2. Kompres kain dingin

Cara pertama, Anda bisa mengompres area kulit yang gatal dan ruam dengan kain atau kompres es. Lakukan cara ini selama 5-10 menit atau sampai gatal mereda.

3. Hindari menggaruk

Jika digaruk terlalu kencang bisa mengiritasi kulit. Maka ambil langkah-langkah tepat untuk mengatasi gatal, seperti cara yang dipaparkan di atas atau oleskan salep yang mengandung pramoxine. Selain itu, jika iritasi dialami lebih dari 6 minggu, periksa ke dokter dan ahli kulit merupakan cara paling tepat.

4. Mandi oatmeal

Mandi oatmeal bisa sangat menenangkan, terutama untuk kulit yang melepuh atau mengeluarkan cairan karena cacar air, gatal-gatal, terbakar sinar matahari atau zat lain yang mengiritasi.