Mengenal Dua Jenis Jalan Pikiran Manusia: Growth Mindset dan Fixed Mindset dan Perbedaannya
Ilustrasi mengenal jenis jalan pikiran manusia (Franciele da Silva/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Tahukah Anda bahwa dalam dunia psikologi, mindset atau jalan pikiran manusia terbagi menjadi dua jenis, yakni growth mindset dan fixed mindset. Kedua jenis jalan pikiran manusia tersebut ikut menentukan karakter dan kepribadian seseorang.

Pola pikir seseorang bisa dinilai saat melakukan pekerjaan bersama orang yang bersangkutan. Anda juga bisa tahu bagaimana pola pikir  mereka dengan melihat respon mereka saat kena masalah.

Mengenal 2 Jenis Jalan Pikiran Manusia

Istilah growth mindset dan fixed mindset sendiri penting untuk diketahui agar kita bisa lebih mengenal diri sendiri dan orang lain. Lebih lengkapnya yakni sebagai berikut.

1. Growth mindset

Growth mindset adalah pola pikir yang selalu berkembang. Orang yang memiliki growth mindset menanam keyakinan dan percaya jika kesuksesan dapat diraih dengan bekerja keras. Orang ini cenderung mau untuk belajar, mengevaluasi diri, dan terus menambah pengetahuan untuk pengembangan diri.

Saat dirundung masalah, orang dengan growth mindset cenderung akan berfokus pada solusi dalam memecahkan masalah tersebut, sehingga masalah akan mudah diselesaikan dengan baik. Orang dengan growth mindset tergolong dalam orang yang suka tantangan dan mau beranjak dari zona nyaman.

2. Fixed mindset

Orang dengan pola pikir fixed mindset cenderung tidak suka perubahan. Mereka suka menyalahkan orang lain di sekitar dan mengharapkan semua orang dapat memahami diri mereka dengan baik. Mereka sangat mengandalkan kemampuan diri sendiri yang mahir akan satu hal sehingga tidak memiliki keinginan untuk belajar hal baru karena merasa diri sudah pintar. Orang dengan fixed mindset termasuk orang yang enggan keluar dari zona nyaman.