Tips Mengatasi Disfungsi Ereksi Agar Tak Mengecewakan Pasangan saat di Ranjang
Ilustrasi disfungsi ereksi (Womanizer Toys-Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Ada banyak masalah seks yang dialami oleh pria, salah satunya berupa disfungsi ereksi. Masalah seksual tersebut banyak dialami oleh sekitar 18 juta orang di Amerika Serikat. Lalu, bagaimana tips mengatasi disfungsi ereksi?

Pengertian Disfungsi Ereksi

Patut diketahui, disfungsi ereksi adalah kondisi di mana seseorang tak mampu mempertahankan ereksi penis saat berhubungan seksual. Kurangnya seks edukasi membuat banyak pria tak menyadari bahwa mereka mengalami gangguan seksual ini.

Gejala disfungsi ereksi akan diperburuk oleh penambahan usia penurunan hormon testosteron. Kemampuan ereksi sebagian besar dipengaruhi oleh gairah seksual, sebuah proses kompleks yang melibatkan otak, hormon, emosi, saraf, otot, dan pembuluh darah.

Tips Mengatasi Disfungsi Ereksi

Meskipun usia tua adalah alasan terkuat terkait dengan disfungsi ereksi, namun faktor fisik dan psikologis juga dapat menjadi penyebab gangguan ereksi. 

Melansir Very Well Health, Kamis, 31 Maret, berikut cara yang bisa dilakukan pria untuk mengatasi disfungsi ereksi.

1. Diet

Makan makanan yang kaya akan bahan alami seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan ikan dengan lebih sedikit daging merah dan makanan olahan telah terbukti mengurangi kemungkinan disfungsi ereksi.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 21 ribu orang menemukan bahwa pria yang menjalani diet mediterania atau diet sehat paling kecil kemungkinannya mengalami disfungsi ereksi.

2. Olahraga

Menjalani olahraga teratur sangat membantu bagi mereka dengan disfungsi ereksi yang disebabkan karena kurang gerak, sirkulasi darah yang buruk, obesitas, hormon testosteron rendah, atau penyakit kardiovaskular.

Olahraga menurunkan tekanan darah dan gula darah, meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung. Ini juga merupakan cara alami untuk meningkatkan kadar testosteron. Olahraga juga menurunkan risiko penyakit pembuluh darah dan diabetes, dua penyebab utama disfungsi ereksi.

3. Kelola tekanan darah

Tekanan darah tinggi merusak pembuluh darah yang dapat mengurangi aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk penis. Pembuluh darah yang mengeras dan menyempit membuat darah sulit mengalir ke penis sebelum berhubungan

Disfungsi ereksi mungkin merupakan tanda peringatan dini kerusakan pembuluh darah. Ketika darah Anda mengalir secara alami, Anda dapat memiliki ereksi yang sehat. Gairah alami menyebabkan peningkatan aliran darah ke penis Anda sehingga menyebabkan ereksi.

4. Periksa testosteron

Tingkat testosteron menurun seiring bertambahnya usia. Sehingga penting untuk memeriksa kadar testosteron Anda jika mengalami gejala disfungsi ereksi. Testosteron berperan penting dalam respons seksual pria, termasuk hasrat untuk berhubungan seks dan mekanisme pemicu ereksi. 

Kadar hormon yang lebih rendah menjadi pemicu utama masalah ereksi, meskipun orang dengan jumlah testosteron yang sangat normal pun bisa mengalami disfungsi ereksi.

5. Jangan stres

Sama seperti alkohol, stres mengganggu sinyal antara otak dan tubuh yang berfungsii mempertahankan ereksi. Otak memainkan peran kunci dalam memicu serangkaian peristiwa fisik yang menyebabkan ereksi, dimulai dengan perasaan gairah seksual.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa Ganggu Kepuasan di Ranjang, Begini Tips Mengatasi Disfungsi Ereksi.

Selain terkait tips mengatasi disfungsi ereksi, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.