Tips Pernikahan: Lakukan Hal Ini saat Kurang Cocok dengan Mertua
Ilustrasi menantu tak akur dengan mertua (Motortion/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Dalam dunia pernikahan tidak hanya Anda dan pasangan yang bersatu, namun juga keluarga dari masing-masing. Sayangnya, jatuh cinta dengan pasangan bukan berarti jatuh cinta dengan keluarganya. Banyak pula yang justru merasa tak cocok dengan mertua, sehingga terjadi pertengkaran antara mertua dan menantu. Dari sini tips pernikahan mengambil peran penting.

Tak perlu khawatir dengan perceraian, karena merasa tak cocok dengan mertua bukan berarti Anda harus berpisah dengan pasangan. Anda tetap bisa mengatasi hal tersebut dan mulai membangun hubungan yang sehat dan mempersempit jurang tersebut. 

Lalu, apa yang harus dilakukan? Simak tips berikut ini.

1. Sabar

Membangun hubungan yang kuat dengan mertua membutuhkan waktu dan kesabaran. Bersabarlah dan lebih mengerti akan keadaan sehingga pada akhirnya Anda dan mertua dapat membangun ikatan kekeluargaan yang kuat.

2. Jangan cari topik obroloan sensitif

Ada topik-topik tertentu yang berpotensi menimbulkan konflik antara Anda dan mertua. Baik itu politik, agama, atau gaya pengasuhan anak. Dari pada berujung kacau, sebaiknya hindari membahas hal-hal tersebut. Jika Anda tak dapat menghindar, maka hormatilah dan coba lihat segala sesuatu dari sudut pandang mereka.

Jika ada perbedaan pendapat, coba diskusi dengan cara yang tenang dan penuh hormat. Hindari kritik secara terbuka karena hanya akan memperburuk keadaan.

3. Ekspresikan perasaan Anda

Jika ada yang Anda kurang suka dari mertua, coba sampaikan dengan jujur. Pilih waktu dan cara terbaik untuk mengekspresikan perasaan Anda tanpa harus menyakiti. Sangat penting menemukan cara melepaskan kemarahan, frustrasi, dan rasa sakit yang dirasakan. Sebab jika tidak, emosi negatif ini hanya akan tumbuh menjadi penyakit hati.

4. Komunikasi dengan pasangan

Melansir Very Well Mind, Rabu, 6 Aprili, langkah pertama adalah berbicara dengan pasangan tentang kekhawatiran Anda. Bisa jadi, dia sama sekali tidak menyadari ketegangan yang terjadi antara Anda dan anggota keluarganya. Dengan memberitahu, setidaknya pasangan dapat membantu menengahi situasi. Jika dia tidak mau atau tidak mampu membantu, maka Anda harus mengambil tindakan sendiri.

5. Tahu batas

Sangat penting menetapkan batasan dengan mertua terutama jika mereka suka memaksa atau ikut campur dalam hidup Anda. Beri tahu mereka apa yang membuat Anda nyaman dan tidak. Jangan takut untuk mengatakan tidak pada mertua.

6. Jangan mudah tersinggung

Akan ada saat dimana mertua mengatakan atau melakukan sesuatu yang menyakiti perasaan Anda. Jadi, penting untuk tidak mudah tersinggung atau memasukkan hal-hal tersebut dalam hati. Mungkin mereka tak bermaksud menyakiti dan penting untuk diingat kalau mereka hanyalah manusia biasa.

7. Terima mertua apa adanya

Mertua Anda tidak akan pernah berubah, jadi coba belajar menerima mereka apa adanya. Berusaha mengubahnya hanya akan menimbulkan ketegangan dan konflik. Jadi, fokuslah menerima mertua dan cari jalan untuk bangun hubungan baik antara Anda dan mertua.

8. Kenang momen baik

Meski hubungan Anda dan mertua tidak selalu harmonis, tapi akan selalu ada momen baik untuk dikenang antara kalian. Hargai momen tersebut dan bersyukurlah untuk itu. Mempraktikkan rasa syukur terbukti berdampak positif pada kesejahteraan. Jadi, jika pikiran Anda lebih positif kemungkinan besar hubungan Anda dan mertua akan lebih baik.

Artikel ini telah tayang dengan judul Merasa Kurang Cocok dengan Mertua? Coba Terapkan 8 Hal Ini.

Selain terkait tips pernikahan, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.

Terkait