Pentingnya Minum Susu saat Sahur dan Buka Menurut Ahli Gizi
Ilustrasi pentingnya minum susu (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Asupan gizi selama bulan puasa juga patut diperhatikan. Asupan tersebut bisa didapat dari berbagai makanan dan minuman, salah satunya lewat susu. Sayangnya pentingnya minum susu saat sahur dan buka tak disadari oleh masyarakat.

Pentingnya Minum Susu

Ahli gizi Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D menjelaskan bahwa perlu gizi yang tepat demi lancarnya ibadah puasa. Selain itu gizi yang tepat akan membantu menurunkan kemungkinan terkena virus. Esti juga mengatakan bahwa salah satu sumber nutrisi yang baik adalah susu sapi segar karena punya berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan kita.

Susu sapi segar memiliki beragam manfaat yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh selama kita berpuasa. Salah satunya adalah untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh.

"Karena susu merupakan salah satu asupan yang kandungan nutrisinya memiliki banyak manfaat untuk mendukung kerja sistem imun tubuh, seperti protein, zink, Vitamin A, Vitamin B1, B2, dan kalsium," ujar dr. Esti dalam keterangannya, Minggu 10 April.

Anjuran Minum Susu

Dr. Esti menganjurkan untuk minum susu secara teratur dua kali sehari, pada saat sahur dan sebelum tidur. Minum susu saat sahur dapat menambah cairan tubuh yang hilang dan membantu memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan protein di dalamnya.

Susu juga mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh, serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh saat berpuasa.

Membantu Tidur Lebih Awal

Segelas susu yang diminum di malam hari akan membantu Anda untuk tidur lebih cepat berkat asam amino triptofan dan melatonin. Asam amino triptofan merupakan senyawa yang memiliki sifat bawaan sehingga membantu proses tidur asam amino triptofan lebih cepat.

Selain itu, triptofan berperan dalam meningkatkan serotonin yang dapat mengatur suasana hati atau membantu sebagai mood booster, meningkatkan relaksasi tubuh, dan juga mempengaruhi produksi hormon melatonin dalam siklus tidur yang sangat penting saat berpuasa.

Menjaga Imun

Susu segar juga turut berperan sebagai immunity booster dengan berbagai kandungan baik, terutama protein. Protein dibutuhkan dalam menjalankan banyak fungsi vital tubuh, salah satunya adalah memaksimalkan kerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi.

"Kandungan protein juga gunakan untuk membentuk otot. Sebanyak 90 persen kandungan protein yang bisa ditemukan di minuman seperti susu akan tubuh serap untuk muscle (otot) booster yang rusak," kata dr. Esti.