4 Tips Puasa Agar Tak Mudah Batal di Tengah Gempuran Cuaca Panas
Ilustrasi tips puasa (Ali Arapo─člu/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Salah satu kendala yang dihadapi saat ibadah puasa adalah cuaca panas. Meski demikian, ibadah puasa tetap harus dilaksanakan oleh umat Islam meski cuaca panas menerjang. Umat Islam harus menahan hawa nafsu, khususnya nafsu untuk makan dan minum di tengah cuaca yang tak menentu. Agar lancar, Anda bisa menjalankan beberapa tips puasa.

Dengan menjalankan tips puasa Ramadan, Anda bisa menjalankan ibadah tersebut dengan lebih lancar tanpa kendala. Bagaimana caranya? Berikut tips yang bisa Anda jalankan, melansir HerWorld, Kamis, 14 April.

Perbanyak aktivitas kebaikan

Di bulan ramadan, segala aktivitas kebaikan yang dilakukan bisa jadi ladang pahala bagi umat muslim. Sehingga bulan itu, menjadi waktu yang tepat untuk berlomba-lomba melakukan hal-hal baik.

Sahur yang cukup

Sahur menjadi waktu yang dianjurkan untuk makan dan minum sebelum berpuasa kurang lebih 14 jam lamanya. Hal ini tentu beralasan agar Anda tidak mudah batal puasa karena lapar dan haus.

Sehingga konsumsilah makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi seperti sayur, buah, karbohidrat dan protein saat sahur. Terutama bagi Anda yang akan menjalani banyak aktivitas dari pagi hingga malam.

Tingkatkan kesabaran

Sebagai salah satu ibadah umat muslim yang harus dijalani, namun bukan berarti umat beragama lain dilarang untuk mengikutinya. Sehingga, mungkin saat beraktivitas, berbagai godaan kerap datang menghampiri.

Oleh sebabnya, cobalah untuk menahan diri dan bersabar. Dengan mengingat bahwa puasa adalah bagian dari ibadah, cara ini bisa membantumu untuk bertahan hingga waktu berbuka.

Olahraga cukup

Puasa bukanlah alasan untuk diri bermalas-malasan seharian di kasur. Bahkan sampai melupakan aktivitas olahraga rutin setiap hari.

Padahal, berolahraga jadi salah satu cara agar tubuh terhindar dari penyakit yang bisa buat stamina turun dan sulit berpuasa. Oleh sebabnya, maksimalkan waktu untuk berolahraga, sebelum berbuka dan saat sahur.

Alasan ini cukup kuat untuk Anda menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak penting. Dengan begitu, diri akan jadi lebih fokus mengerjakan aktivitas yang bermanfaat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Biar Tak Mudah Batal Puasa, Jaga Diri dengan Lakukan 4 Hal Berikut.

Selain terkait tips puasa, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.