5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan Secara Mudah
Ilustrasi cara mengatasi kebiasaan buruk suka menunda pekerjaan (iStockphoto)

Bagikan:

SURABAYA - Kebiasaan menunda pekerjaan adalah hal yang seharusnya dihindari. Tak hanya merugikan diri sendiri, namun juga orang lain di sekitar Anda. Jika memiliki gaya hidup tersebut, Anda bisa mencoba menerapkan cara mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan secara mudah.

Mengutip Insider, Rabu, 18 Mei, berdasarkan sebuah survei yang dilakukan tahun 2019 ditemukan fakta bahwa sebanyak 88 persen responden mengaku suka menunda-nunda pekerjaan selama satu jam.

Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan menunda itu disebabkan karena kurangnya motivasi, kewalahan, hingga kebosanan. Namun, setiap penyebabnya berpotensi menurunkan produktivitas. Berikut ini beberapa cara mengatasinya.

1. Ubah dengan self talk

Dialog internal dengan diri sendiri atau dikenal dengan self talk bisa membantu Anda mengatasi kebiasaan menunda-nunda. Jika Anda merasa frustasi dan memandang diri sendiri secara negatif, kemungkinan akan memperburuk kebiasaan menumpuk tugas. Victoria Smith, LSCW., terapis profesional, menyarankan untuk self talk dengan positif, netral, dan faktual.

Alih-alih menganggap tak bisa menyelesaikan tugas tersebut atau merasa memiliki waktu yang panjang nanti, lebih baik memupuk anggapan bahwa Anda adalah pengendali utama dalam menyelesaikannya.

2. Memiliki ruang kerja khusus

Meskipun tugas Anda bisa diselesaikan di ruang manapun, tetapi saran Glaser, Anda perlu memiliki ruang kerja khusus. Ruang yang tenang dan kondusif membantu mengatur fokus. Anda juga bisa mengerjakan di ruang yang bebas dari gangguan serta dekorasi yang membantu menjaga suasana hati Anda tetap baik.

3. Mengambil langkah kecil di awal

Meski memulai dengan satu kalimat, ini merupakan langkah ke arah yang benar. Anda bisa duduk dan mengatur fokus. Melakukan ini akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri dan membangun momentum untuk terus produktif meski dengan langkah kecil-kecil.

4. Istirahat

Istirahat, penting dilakukan untuk mencegah kelelahan dan kewalahan. Kedua efek tersebut, menyebabkan Anda enggan menyelesaikan tugas tepat waktu. Smith mengatakan, beri Anda istirahat sehingga tidak terpaksa melakukan sesuatu di luar batas.

Istirahat bisa dengan meluangkan waktu untuk minum ataupun makan. Bisa juga membuat aturan setelah tiga jam bekerja, ambil waktu istirahat selama 25 menit. Anda bisa mengisinya dengan berjalan di sekitar ruangan, mencari udara segar, ataupun melakukan sesuatu yang menyenangkan lainnya.

5. Bagi tugas berdasarkan tujuan

Ketika Anda sedang menjalankan tugas besar yang sangat melelahkan, bagi tugas berdasarkan tujuan. Untuk membuat pekerjaan besar Anda lebih mudah diselesaikan, Katherine Glaser, LSCW, menyarankan untuk memecahnya menjadi beberapa bagian untuk menggapai tujuan kecil setiap harinya.

Selain lima cara di atas, Glaser juga memberikan saran bahwa Anda perlu memberi ‘hadiah’ untuk diri sendiri ketika menyelesaikan pekerjaan tanpa menunda-nunda. ‘Hadiah’ merupakan cara menghargai diri, meskipun awalnya sulit untuk mengubah kebiasaan buruk, tetapi penghargaan bisa mendorong motivasi lho.