Cara Mewarnai Baju dengan Kopi Agar Warna Bisa Muncul Maksimal
Ilustrasi Kopi (Foto ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Siapa sangka kopi bisa dimanfaatkan di dunia fashion. Tidak hanya diseduh untuk jadi minuman, kopi bisa digunakan sebagai bahan pewarna untuk kain. Untuk melakukannya, kenali cara mewarnai baju dengan kopi.

Cara Mewarnai Baju dengan Kopi

Mewarnai kain atau baju dengan kopi bisa dimanfaatkan untuk keperluan hobi seperti kerajinan atau keperluan fashion. Anda bisa mewarnai kain dengan memanfaatkan bubuk kopi, berikut langkahnya.

BACA JUGA:


1. Siapkan kain

Sebelum  memulai, siapkan kain putih atau pakaian putih. Bahan lainnya yang dibutuhkan ialah kopi bubuk, mangkuk atau wadah besar, sendok kayu, dan cuka.

Kain atau pakaian yang akan diwarnai, wajib dicuci dahulu. Untuk kain yang sudah dicuci, rendam kain tersebut hingga basah seutuhnya.

2. Seduh kopi

Bubuk kopi yang akan dipakai, seduh dalam teko besar. Kopi yang lebih kuat untuk pewarnaan alami ialah kopi dark roast atau disangrai gelap. Tujuannya agar mendapatkan warna yang lebih gelap.

Selain itu, lamanya merendam kain dalam kopi juga akan mempengaruhi warnanya. Tetapi yang paling signifikan membuat warnanya pekat adalah kopi yang disangrai gelap.

3. Rendam kain dalam bejana

Untuk proses pewarnaan, tuangkan kopi panas di atas kain dan aduk dengan sendok kayu agar merata ke seluruh bagian kain.

Melansir The Spruce Craft, agar kopi meresap secara merata pada kain, mengaduknya akan lebih efektif. Ini juga membantu membuka kain sehingga tidak ada area kain yang menempel dan membuat warna tidak merata.

4. Perhatikan durasi

Semakin lama Anda merendam kain dalam kopi, semakin pekat warnanya. Untuk warna cokelat terang, hanya perlu beberapa menit. Sedangkan paling cepat merendam kain selama 15-30 menit. Pada warna lebih gelap, Anda bisa merendam semalaman.

5. Cek kepekatan warna

Selanjutnya, cek kepekatan warna apakah sudah sesuai yang diinginkan. Apabila sudah, bilas dan dapatkan warna yang lebih terang dari setelah diangkat. Jika kurang gelap, Anda bisa merendamnya lagi lebih lama.

6. Kunci warna

Terakhir, untuk mengunci warna, siapkan semangkuk air panas dan beberapa sendok makan cuka. Jika Anda mewarnai kain yang lebar, siapkan wadah lebih besar dan bahan campuran lebih banyak. Cuka bermanfaat membantu mengatur warna.

Rendam dalam air cuka hingga 10 menit, kemudian angkat kain dan bilas dengan air mengalir. Setelah dibilas, jemur hingga kering dan setrika untuk pengaturan warna.

Selain dengan cara di atas, Anda bisa memanfaatkan teknik tie dye dan mottling. Tie dye, mewarnai bermotif tertentu yang dilakukan dengan melipat, memelintir, dan mengikat kemeja atau kain.

Sedangkan mottling, bisa dengan membuat kain yang diwarna pada beberapa area. Caranya, sebarkan atau gosokkan bubuk kopi basah pada kain basah. Biarkan meresap dan mendapatkan warna bercak-bercak.

Bila ingin mendapatkan gradasi warna, ulangi cara tersebut beberapa kali.

Terkait