Tips Mengatasi Rasa Canggung saat Bertemu dengan Lingkungan Baru
Ilustrasi rasa canggung saat bersosialisasi (Andrea Piacquadio-Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Tak semua orang bisa bersosialisasi dengan orang baru. Kadang, saat melakukan hal tersebut muncul rasa canggung. Tak perlu khwatir karena Anda bisa mencoba tips mengatasi rasa canggung saat bertemu orang baru.

Tips Mengatasi Rasa Canggung

Kecanggungan yang terjadi di lingkungan baru memang kerap terjadi dan dirasakan oleh banyak orang. Meski demikian bukan berarti hal itu tak bisa diatasi. Cobalah tips mengatasi kecanggungan sosial berikut ini.

1. Hadapi dengan santai

Saat Anda dihadapkan dengan momen canggung ketika bersosialisasi, cobalah hadapi momen tersebut dengan santai.

Semakin Anda grogi, maka keadaan sekitar makin terasa aneh bagi Anda. Selain itu, mungkin ada banyak mata yang memandang Anda dengan tatapan yang tak bersahabat. Untuk itu, tetap tenang saat dihadapkan dengan situasi canggung, ya.

2. Lakukan dua cara ini

Ada dua cara menanggapi kecanggungan sosial. Pertama adalah dengan beranggapan seolah-olah itu tidak pernah terjadi. Kedua dengan menertawakan diri sendiri. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sedikit mengolok-olok diri sendiri umumnya lebih tangguh. Dan dalam situasi canggung, menertawai diri sendiri seringkali dapat mengembalikan tingkat kenyamanan relatif yang ada sebelumnya.

3. Berlatih komunikasi

Semua orang pasti ingin bersosialisasi dengan seru. Untuk mengatasi kecanggungan sosial, jangan lupa untuk belajar masuk ke dalam dialog. Terlibat ke dalam pembicaraan dapat mengasah komunikasi interpersonal. Bahkan, Anda akan lebih percaya diri ketika berada di lingkungan baru.

Jika Anda merasa menjadi orang yang canggung dalam bersosialisasi, cobalah terima kenyataan diri sendiri seapa adanya. Anda adalah manusia, dan manusia tak harus sempurna, bukan?

Artikel ini telah tayang dengan judul Trik Mengatasi Canggung saat Bersosialisasi.

Selain terkait tips mengatasi rasa canggung, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.