Berbagai Jenis Tarian Jawa Timur, Bukti Kekayaan Nusantara
Tarian Reog (Antara)

Bagikan:

Indonesia kaya akan ragam budaya dan tradisi. Salah satu hasil budaya yang dimiliki oleh masing-masing daerah di Tanah Air adalah tarian, termasuk Jawa Timur.

Tarian Jawa Timur jumlahnya ada banyak, beberapa tarian bahkan telah dikenal oleh dunia internasional, seperti reog yang berasal dari Ponorogo. Selain reog, Jawa Timur masih punya banyak tarian yang lain. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Beberapa tarian Jawa Timur yang perlu diketahui

1.      Reog Ponorogo

Reog Ponorogo merupakan tarian Jawa Timur yang terkenal, baik di dalam maupun luar negeri. Tarian ini dibawakan oleh beberapa orang dengan penari utama menggunakan topeng barongan.

Dikutip dari situs Kemdikbud, penari utama reog menari sambil menggigit topeng barongan besar yang beratnya hampir 50 kg. Penari tersebut bahkan mampu membawa seorang manusia di atas kepalanya sambil tetap mengenakan topeng.

2.      Tari Remo

Tarian yang berasal dari Surabaya ini melambangkan jiwa kepahlawanan. Tari remo ditampilkan guna menyambut tamu.

Secara umum, tarian ini dilakukan oleh penari pria, tetapi bisa juga dilakukan oleh penari perempuan. Salah satu ciri khas tarian ini adalah entakan kaki yang mengenakan gelang gemerincing.

3.      Tari Topeng Guro Gudho

Tari ini mirip dengan reog Ponorogo. Para penarin mengenakan topeng barongan, tetapi tak sebesar topeng dalam reog. Tari guro gudho membawakan kisah legenda tentang seseorang yang berkasta sudra.

Orang tersebut dikisahkan berusaha mencari kekuatan spiritual dan ilmu pengetahuan. Selama perjalanan spiritualnya, ia menghadapi berbagai ujian dan rintangan.

4.      Tari Gandrung

Tarian Jawa Timur ini berasal dari Banyuwangi. Tari gadrung ditampilkan sebagai rasa syukur setelah panen. Dikutip dari KBBI, tarian ini dibawakan oleh seorang perempuan bersama tamu pria dengan iringan kendang, kempul, dan sebagainya.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!