4 Penyebab Turunnya Gairah Seks, Salah Satunya Sering Diremehkan
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Berhubungan seksual dengan pasangan adalah hal yang wajar, tapi ternyata Anda dan pasangan bisa mengalami penurunan gairah seks, lho. Apa Anda tahu penyebab turunnya gairah seks?

Pria ataupun wanita bisa mengalami penurunan gairah seksual. Penyebabnya perlu diwaspadai dan hal itu umumnya terjadi saat Anda berusia di atas 40 tahun atau bisa juga dipicu faktor psikologi.

Jika gairah seksual Anda atau pasangan menurun, maka jenis stimulasi seksual yang biasa dilakukan tidak akan terangsang dan bergairah. Lalu, apa saja kira-kira penyebab menurunnya gairah seksual ya? Merangkum artikel seks edukasi di HerStrory, Rabu, 23 Juni, berikut deretan kemungkinan penyebabnya.

Masalah hubungan

Masalah yang ada di dalam rumah tangga bisa menjadi penyebab gairah seksual yang menurun. Selain konflik dalam rumah tangga, komunikasi yang buruk juga bisa menjadi alasan mengapa gairah seksual menurun.

Kalau masalah ini terjadi pada Andadan pasangan, sebaiknya lakukanlah konseling hubungan. Dengan begitu, masalah dalam rumah tangga bisa terselesaikan dan gairah seks pun bisa muncul lagi.

Masalah seksual

Masalah seksual juga bisa menjadi penyebab menurunnya gairah seks. Masalah seksual yang dimaksud, seperti disfungsi ereksi, masalah ejakulasi, kekeringan vagina, sakit saat berhubungan intim, dan lainnya.

Nah, kalau Anda atau pasangan mengalami masalah seksual maka gairah seks pun akan menurun. Sebaiknya, segera periksakan kondisi kalian pada ahli.

Stres

Stres, gelisah, dan kelelahan dapat berdampak buruk bagi hubungan seksual. Gairah seks bisa menurun kalau Anda merasakan stres dan lainnya. Anda perlu melakukan perubahan gaya hidup atau berkonsultasi pada dokter, ya.

Bertambah usia

Pria dan wanita yang sudah bertambah usia biasanya mengalami penurunan gairah seksual. Hal tersebut terjadi karena adanya penurunan kadar hormon seks dan masalah kesehatan akibat bertambahnya usia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Gairah Seks Mulai Menurun, Mungkin 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya.

Selain terkait penyebab turunnya gairah seks, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.