5 Alasan Susah Memaafkan Kesalahan Seseorang yang Mungkin Anda Benarnya
Ilustrasi alasan susah memaafkan orang (Unsplash/Angga Aditya)

Bagikan:

SURABAYA – Memberikan maaf untuk seseorang memang sikap kesatria. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya. Di sisi lain, tak memberikan maaf juga dapat mengganggu kesehatan mental seseorang. Ada banyak alasan susah memaafkan kesalahan yang mungkin masuk akal.

Lalu, apa saja alasan mengapa seseorang tak mudah memaafkan seseorang? Berikut VOI rangkumkan untuk Anda, diambil dari berbagai sumber.

1. Luka masa lalu yang kekal di ingatan

Ingatan adalah sumber yang bisa dimodifikasi dengan cara memaafkan. Jika ingatan tentang luka bisa diampuni dan dimodifikasi menjadi sesuatu yang baru, anggap sebagai pembelajaran contoh yang paling klise.

Tetapi dilansir Psychology Today, Selasa, 28 September, luka masa lalu dapat menginfeksi masa kini kita. Jika Anda disakiti oleh seseorang, Anda mungkin menyimpan dendam atau terluka.

2. Proses panjang memaafkan

Banyak yang menganggap bahwa dengan memaafkan kita melupakan kesalahan orang lain. Bukan, memaafkan dan melupakan ataupun menerima kesalahan adalah hal yang berbeda.

Menurut psikiatris Elizabeth Kubler-Ross, memaafkan mirip dengan merasakan duka. Sebab hal-hal yang perlu dimaafkan tidak membuat kita merasa hidup jadi mudah. Artinya, perlu proses yang dimulai dari penyangkalan, tawar-menawar, marah, depresi, hingga akhirnya menerima dan memaafkan.

3. Perasaan dan emosi tak mudah dikontrol

Tidak seperti membalikkan tangan atau bahkan tak semudah belajar mengayuh sepeda. Mengontrol emosi lebih sulit, apalagi situasi tidak pernah diduga yang bisa membuat emosi semakin memuncak.

4. Belum memaafkan sebagai mekanisme pertahanan diri

Seseorang yang sulit memaafkan bisa karena membangun mekanisme pertahanan diri terlalu kuat. Ia tidak ingin memaafkan karena tidak mau merasakan kecewa, kekesalan, dan luka.

5. Menyimpan luka yang dialami sebagai dendam

Rasa dendam dianggap sebagai cara mengontrol dan membuat lebih kuat setelah merasa terluka. Tetapi, membalaskan dendam atau memberi hukuman pada orang yang bersalah pada Anda tidak efektif dan tidak produktif untuk kehidupan Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mengapa Kita Susah Memaafkan Kesalahan? Ini 5 Alasan yang Paling Masuk Akal.

Selain terkait alasan susah memaafkan kesalahan, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.