Manfaat Bunga Chamomile: Turunkan Gula Darah hingga Cegah Osteoporosis
Ilustrasi (Sebastian Sørensen/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Jika Anda hobi tanaman, tentu tahu bahwa bunga chamomile punya segudang manfaat. Tak hanya dijadikan sebagai tanaman hias, manfaat bunga chamomile bagi kesehatan juga cukup banyak. Khasiat chamomile itu kemudian banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan.

Ada banyak produk obat herbal yang berbahan dasar chamomile, salah satunya berbentuk teh. Meski belum terlalu populer, teh chamomile jadi bagian dari gaya hidup sehat.

Manfaat Bunga Chamomile yang Rasanya Unik

Chamomile merupakan bunga berukuran kecil yang berasal dari famili Asteraceae dengan warna kuning dan putih yang sangat cantik. Tak hanya menawarkan cita rasa yang unik, chamomile juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Pada artikel kali ini, VOI akan membagikan sejumlah khasiat ajaib dari chamomile bagi tubuh. Penasaran apa saja? Langsung saja simak berbagai manfaat kesehatan dari chamomile berikut ini!

Menurunkan kadar gula darah

Berdasarkan berbagai penelitian, chamomile memiliki khasiat yang dapat menurunkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes. Meskipun tak dapat dijadikan sebagai obat utama, tapi Anda bisa mengonsumsi satu gelas chamomile secara rutin sebagai obat herbal pendamping karena dapat memaksimalkan pengobatan medis.

Mengatasi insomia

Mengonsumsi chamomile tea juga dapat sangat bermanfaat bagi kamu yang sering mengalami gangguan tidur. Minuman ini dapat membantu kamu merasa lebih rileks sehingga kamu pun bisa tertidur pulas dan merasakan tidur yang berkualitas, apalagi jika ditambah kasur yang empuk dan nyaman. Selain itu, banyak pula peneliti yang menyatakan bahwa chamomile dapat digunakan sebagai benzodiazepine untuk mengurangi perasaan cemas serta dapat memicu rasa kantuk. 

Mengatasi sakit akibat menstruasi

Ada pula studi yang menyatakan bahwa chamomile sangat efektif untuk mengurangi sakit ketika menstruasi. Bagi wanita yang kerap mengalami sakit saat datang bulan, tak ada salahnya coba mengonsumsi teh chamomile karena selain dapat mengurangi kram saat menstruasi, khasiat chamomile juga bisa membuat emosi menjadi lebih stabil.

Mencegah osteoporosis

Berapa studi juga mengatakan bahwa chamomile tea memiliki efek anti estrogenik. Dengan demikian, chamomile sangat pas dikonsumsi oleh wanita yang sedang berada dalam fase menopause karena manfaat yang dihasilkan oleh minuman ini dapat mencegah kamu terkena osteoporosis dan membantu tubuh untuk meningkatkan kepadatan tulang.