Manfaat Pilates untuk Kesehatan Mental, Salah Satunya Terkait Suasana Hati
Ilustrasi Gerakan Pilates (Alexi Almond/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Pilates ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menguatkan fisik. Seperti olahraga lain, pilates juga mendatangkan manfaat kesehatan mental. Dengan begitu kesehatan raga dan mental bisa diraih. Lalu, apa saja manfaat pilates untuk kesehatan mental yang bisa didapat?  

Percaya diri dengan kesehatan tubuh

Melakukan pilates secara teratur menjadikan Anda orang yang lebih kuat dari sebelumnya. Sebab, tubuh terbiasa melakukan gerakan pilates yang rumit. Sehingga saat berkegiatan sehari-hari, misalnya membawa beban berat, Anda akan merasa mudah dan ringan.

Suasana hati lebih baik

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Irish Journal of Medical Science, pilates dapat membantu menghilangkan stres dan menstabilkan suasana hati. Ini karena pilates mampu merangsang produksi endorfin di otak sehingga memicu timbulnya rasa tenang, senang, dan aman.

Lebih perhatian dengan tubuh

Pilates pada kesadaran tubuh dapat membantu Anda memahami bahwa apa yang dilakukan tubuh minggu ini saat latihan mungkin tidak sama dengan yang dilakukan minggu lalu. Dengan mengidentifikasi fluktuasi tersebut dari kelas ke kelas misalnya, mungkin terakhir kali Anda bisa memegang papan selama satu menit, tetapi hari ini hanya bisa 30 detik, Anda belajar untuk menerima, lebih mengerti, dan pada akhirnya lebih mengasihi diri sendiri.