Tips Pakai Lipstik Agar Awet dan Tahan Lama di Bibir, Sudah Coba?
Ilustrasi tips pakai lipstik agar awet (Polina Kovaleva-Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Untuk menjaga kecantikan Anda, lisptik jadi salah satu make up yang harus ada di tas. Sayangnya lipstik sering dipakai karena mudah terhapus dan tak menempel lama di bibir. Lalu, adakah tips pakai lipstik agar awet?

Di sisi lain, penggunaan lisptik yang terlalu sering kadang menumbulkan rasa tidak nyaman bahkan boros. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini tips memakai lipstik agar lebih tahan lama dan tidak cepat luntur, melansir Beautified, Selasa, 26 Oktober, berikut ini.

Gunakan scrub bibir

Seperti kulit wajah yang perlu rutin dieksfoliasi agar skincare dan makeup menempel lebih baik, sama halnya dengan kulit bibir. Ia pun perlu dipersiapkan agar lipstik yang dikenakan bisa menempel lebih tahan lama.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin menggunakan scrub khusus bibir untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat bibir jadi lebih cerah dan lembut.

Lapisi bibir dengan lip primer

Salah satu tips memakai lipstik agar tahan lama di bibir, tidak hanya berhenti hingga tahap eksfoliasi saja. Lip primer dengan formula melembapkan juga wajib digunakan setelah proses eksfoliasi dilakukan. Bibir yang lembap, ternutrisi dan terlindungi akan lebih siap menerima pulasan warna lipstik dan membuat formulanya menempel lebih baik di bibir. Hal tersebut juga membantu warna lipstik tahan lebih lama.

Pakai lip liner di bibir

Setelah memastikan kulit bibir mulus tanpa sel mati dan lembap, langkah selanjutnya adalah melapisi bibir dengan lip liner. Lip liner adalah salah satu produk yang selalu digunakan para makeup artist andal bila ingin membuat lipstik tahan lama di bibir.

Pasalnya, lip liner akan mempertahankan warna lipstik yang dikenakan agar tidak pudar dan memastikan lipstik tidak bleeding atau keluar dari garis bibir.

Pilih lipstik bertekstur matte yang lebih tahan lama di bibir

Agar lipstik tahan lama, perhatikan juga tekstur lipstik yang digunakan. Lipgloss, lip tint atau lipstik dengan komposisi cream tentu akan lebih cepat pudar dibandingkan dengan yang bertekstur matte. Lipstik mattedirancang dengan kandungan berbeda dengan creamy atau shiny lipstick, yaitu kandungan wax dan pigmen yang lebih tinggi serta muatan minyak yang minimal.

Blot bibir dengan tisu sebelum mengaplikasikannya lagi

Untuk memastikan lipstik tahan hingga seharian, maka ambil selembar tisu dan jepit antara kedua bibir. Teknik “blotting” ini untuk mengantisipasi lipstik pudar di bagian tertentu saja, biasanya di bagian tengah bibir. Dengan blotting, lipstik yang menumpuk akan terangkat dan menempel di tisu. Ingin tampilan yang lebih intens? Pulas kembali lipstik setelah blotting, dengan memfokuskan penggunaan pada tengah bibir.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tips Penggunaan Lipstik agar Lebih Awet di Bibir.

Selain terkait tips pakai lipstik agar awet, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.