Empat Pemain Asing Diajukan untuk Perkuat Timnas, Ketum PSSI: Harus Melakukan Pengkajian
Ketum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: Ulfa Gusti/VOI)

Bagikan:

SURABAYA - Tim Nasional RI terus diperkuat dengan berbagai latihan. Bahkan, kabar terbaru mengatakan bahwa akan ada empat pemain asing yang diajukan untuk perkuat Timnas RI

Menjawab hal tersebut, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa nama tersebut memang sudah masuk pengajuan yang dilakukan Shin Tae-yong selaku pelatih kepala skuat Garuda. Keempat pemain tersebut yakni Jordi Amat yang berkebangsaan Spanyol, Sandy Walsh, Kevin Diks dan Mees Hilgers yang berkebangsaan Belanda.

PSSI Belum Setujui Pemain Asing untuk Timnas

Meski keempat nama sudah diajukan, Ketum PSSI tak langsung menerima usulan tersebut. Ia mengatakan masih banyak pertimbangan dan kajian yang harus dilakukan.

"Empat nama itu sudah diajukan. Namun, saya tidak bisa memastikan apakah mereka nantinya bisa memperkuat timnas Indonesia atau tidak. Kami harus melakukan pengkajian, melihat regulasi dan lain-lain," ujar Iriawan saat acara pelepasan timnas U-18 di Hotel Sultan, Jakarta pada Senin malam.

Iriawan juga menjelaskan alasan utama bahwa pihaknya masih harus mengkaji nama yang diajukan Shin Yae-yong. PSSI masih harus memastikan kesediaan sang pemain untuk memperkuat skuat Garuda.

Timnas Akan Tampil di Piala AFF 2020

Belum lagi soal penelusuran garis keturunan yang dapat menjadi penentu diperkenankan tidaknya sang pemain untuk memperkuat tim nasional Indonesia. Untuk itu, Iriawan meminta semua bersabar dan menanti keputusan lanjutan dan berjanji akan tetap mengakomodir permintaan pelatih.

“Tentu banyak kita tempuh regulasi, benar tidaknya garis keturunan. Yang jelas kami menunggu kabar dalam pendalaman apa yang disarankan atau diminta Shin (Tae-yong),” katanya.

“Kita harus tetap akomodir, tapi bisa tidaknya masih harus menunggu kabar,” tandas Iriawan.

Saat ini timnas Indonesia berada di Turki untuk menjalani pemusatan latihan dan akan melakukan dua laga uji coba sebagai persiapan tampil di Piala AFF 2020 Desember mendatang.