Indonesia Harusnya Dapat Tendangan Pinalti saat Lawan Singapura di Piala AFF, Shin Tae-yong Tetap Hargai Keputusan Wasit
Shin Tae-yong (PSSI)

Bagikan:

SURABAYA - Tim Nasional Indonesia baru saja melawan Tim Nasional Singapura dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Rabu, 22 Desember. Sayangnya dalam pertandingan tersebut ada satu kejadian yang disesalkan oleh pendukung Timnas.

Wasit Piala AFF Tak Beri Indonesia Pinalti

Di menit ke-77, Ricky Kambuaya mendapat pelanggaran dari pemain Singapura. Pelanggaran tersebut terjadi di kotak pinalti. Namun wasit asal Korea Selatan Kim Hee Gon hanya memberikan tendangan bebas di luar kotak 16 pas.

Keputusan wasit tentu dianggap merugikan Indonesia yang dalam pertandingan berusaha menambah gol. Ditambah lagi tendangan Evan Dimas Darmono hanya membentur pagar betis pertahanan lawan.

Tanggapan Pelatih Timnas

Menanggapi kejadian tersebut, pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong mengaku belum menyaksikan siaran ulang laga tersebut. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu tak mau menyalahkan siapapun. Ia juga memilih untuk menerima dan menghargai keputusan yang diambil wasit.

"Jujur, saya belum nonton video jadi tidak tahu itu seharusnya penalti atau bukan. Jadi kalau wasit ambil keputusan yang salah di lapangan kita harus tetap menghargai keputusan wasit karena hasilnya tetap sama saja," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers daring seusai laga.

Shin Tae-yong mengakui keputusan wasit itu sulit untuk tim. Tapi, ketimbang meratapi hal itu, ia memilih untuk kembali fokus pada anak asuhnya. Sang pelatih memilih memanfaatkan watu yang ada untuk beristirahat agar skuat Garuda bisa tampil lebih baik lagi

"Dalam turnamen pasti ada saat yang sulit bagi kami, seperti saat ini. Kalau memiliki waktu lebih banyak untuk beristirahat pasti akan lebih baik lagi hasilnya," tambahnya.

Timnas Masih Punya Kesempatan Unggul

Terlepas dari apa yang dikatakan Shin Tae-yong, dalam laga leg pertama itu timnas sejatinya unggul lebih dulu. Skor 1-0 jadi milik timnas lewat eksekusi Witan Sulaeman di menit-38.

Namun, Singapura mampu menyamakan skor pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-70 lewat serangan balik cepat Ikhsan Fandi.

Meski imbang di leg pertama, timnas masih punya kesempatan tampil lebih baik dan mencetak gol lebih banyak di leg kedua yang akan berlangsung Sabtu, 25 Desember mendatang.