Bobol Gawang Malaysia, Pratama Arhan Masuk Nominasi Teratas Pencetak Gol Terbaik AFF 2020
Pratama Arhan (instagram @pratamarhan8)

Bagikan:

SURABAYA - Salah satu pemain dalam tim nasional Indonesia, Pratama Arhan menjadi sorotan lantaran ia mendapat gelar pemain muda terbaik. Tak hanya itu, pemain yang ikut bertanding di Piala AFF 2020 itu masuk dalam nominasi pencetak gol terbaik selama kejuaraan tersebut berlangsung.

Dalam laman resmi AFF, pihak penyelenggara memiliki 10 nama pencetak gol terbaik di kompetisi itu, dan dua di antaranya berasal dari Indonesia yakni Pratama Arhan serta Witan Sulaeman.

Pratama Arhan Sempat Cetak Gol

Dari sumber yang sama, penentuan pencetak gol terbaik ini bakal dipilih lewat voting terbuka di laman resmi AFF bersama Timnas RI. Hingga berita ini dimuat, nama Arhan menjadi kandidat teratas yang paling banyak dipilih dengan total suara 15.105.

Masuknya Arhan dalam nominasi pencetak gol terbaik di piala AFF 2020 tak lepas dari aksinya saat tampil di laga kontra Malaysia. Dalam laga pamungkas Grup B itu, Arhan menerima umpan dari Irfan Jaya di sisi kiri dan mengolahnya dengan kaki kanan sebelum melepaskan tembakan keras kaki kiri yang tak mampu diantisipasi kiper Malaysia, Khairul Fahmi.

Eksekusi yang dilakukan Arhan kala itu sampai menarik perhatian media asing yang kemudian menjulukinya sebagai 'Tendangan Roket'. Bukan cuma karena aksi apiknya, tendangan itu juga menggenapi kemenangan 4-1 timnas atas Malaysia.

Mengekor di bawah Arhan, ada Witan Sulaeman yang juga masuk dalam nominasi pencetak gol terbaik dengan total 7000 suara. Sedangkan pemain Vietnam, Nguyen Tien Linh, berada di urutan ketiga dengan 1303 suara.

Thailand juga menyumbangkan dua pemain dalam perebutan penghargaan gol terbaik melalui Teerasil Dangda dan kapten tim Chanatip Songkrasin. Namun, keduanya berada di posisi bawah karena tak banyak mendapat dukungan.

Berikut 10 Nominasi Pencetak Gol Terbaik Piala AFF:

  1. Akhyar Rashid (Malaysia)
  2. Martin Steuble (Filipina)
  3. Teerasil Dangda (Thailand)
  4. Kydavone Souvanny (Laos)
  5. Chan Vathanaka (Kamboja)
  6. Nguyen Tien Linh (Vietnam)
  7. Pratama Arhan (Indonesia)
  8. Witan Sulaeman (Indonesia)
  9. Chanathip Songkrasin (Thailand)
  10. Shahdan Sulaiman (Singapura)

Sumber: AFF

Foto: Instagram.com/@pratamaarhan8