Leonardo Bonucci: Jadi Pencetak Gol Tertua Sekaligus Sabet Star of the Match Sekaligus di Final Euro 2020
Leonardo Bonucci (Twitter @euro2020)

Bagikan:

SURABAYA – Bek tim nasional Italia Leonardo Bonucci dianugerahi gelar star of the match atau pemain terbaik dalam final Euro 2020 seusai menjebol gawang Inggris di Wembley, London, Minggu waktu setempat.

Bonucci mencetak gol pada menit ke-67 yang menghidupkan asa Italia yang sempat tertinggal karena rekor gol tercepat final Euro yang dicetak Luke Shaw untuk Inggris.

Bonucci Jadi Pencetak Gol Tertua di Final Euro 2020

Tak hanya itu, gol tersebut membuat Bonucci kini memegang rekor sebagai pencetak gol tertua di final Euro dalam usia 34 tahun dan 71 hari, menggusur Bernd Hoelzenbein yang mencetak gol untuk Jerman Barat dalam final Euro 1976 dalam usai 30 tahun.

Bek Juventus itu belakangan juga memainkan peranan penting termasuk menghalau tembakan berbahaya Raheem Sterling yang nyaris merestorasi keunggulan Inggris.

Melengkapi itu semua, Bonucci juga turut sukses melakoni tugasnya sebagai algojo Italia dalam adu penalti, yang berakhir dengan kemenangan 3-2.

Atas semua kontribusinya itu, peninjau teknis UEFA Packie Bonner menyematkan gelar star of the match final Euro 2020 kepada Bonucci.

"Sungguh penampilan pertahanan yang amat kuat dari pemain berusia 34 tahun ini," kata Bonner dikutip Antara dari laman resmi UEFA.

"Dia mampu mendistribusikan bola dari lini belakang dan mencetak gol penyama kedudukan yang penting itu," ujarnya menambahkan.

Tentu saja, semua torehan individual Bonucci itu tak lebih penting dari medali emas yang berkalung di lehernya serta kesempatan mencium trofi Henri Delaunay yang diraih Italia di Wembley.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pencetak Gol Tertua 34 Tahun dan 71 Hari, Bonucci Star of the Match Final Euro 2020.

Selain terkait Euro 2020, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.