Hotel di Jawa Timur Didorong untuk Ikut Kembangkan Produk UKM, Salah Satuny Sediakan Tempat Display
Ilustrasi produk UKM (Foto: bappeda.jatimprov.go.id)

Bagikan:

Surabaya – Untuk mendukung sekaligus mengembangkan produk Usaha Kecil Menengah (UKM), Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendorong agar industri perhotelan ikut berkontribusi. Dengan demikian produk UKM mampu terserap pasar terutama di lingkungan perhotelan.

Dilansir dari Antara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan, Minggu, mengatakan salah satu hotel yang melakukan hal tersebut adalah Accor Group. Mereka memberikan tempat bagi produk UKM/IKM yang sudah terkurasi agar produknya mampu terserap pasar.

"Ini merupakan momentum bagi UKM/IKM untuk naik kelas, meningkatkan daya saing produk, serta bertransformasi dalam memasarkan produknya," ujar Drajat saat audiensi kepada General Manager Accor Group Jawa Timur.

Produk UKM Diharapkan Dapat Terserap Pasar di Hotel

Ia menjelaskan, Accor Group sudah menyampaikan progres pemberdayaan yang sudah dilakukannya kepada UKM/IKM yang ada di Jatim. Pemberdayaan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI dan Pemprov Jatim melalui Disperindag Jatim yang telah diteken pada 25 November 2020 lalu.

Pemprov Jatim sendiri akan terus mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri lewat pemberdayaan UKM/IKM yang ada di Jatim.

"Beragam produk UKM/IKM di Jawa Timur yang telah diberdayakan dan dikurasi oleh Accor Group antara lain sandal, aksesoris, makanan dan minuman," jelasnya

Hingga saat ini, di Jatim sudah ada 10 UKM/IKM yang terkurasi dan ditampilkan di sejumlah jaringan hotel Accor Group.

Selain terkait pengembangan produk UKM, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.