Cara California Bujuk Warganya Agar Mau Vaksin, Mulai Hadiah Rp1,6 Triliun hingga Beri Bahan Makanan
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Wikimedia Commons/Ministerio de Defensa del PerĂº)

Bagikan:

SURABAYA – Guna meningkatkan program vaksinasi bagi warganya, Negara Bagian California, Amerika Serikat (AS) menganggarkan hadiah dalam bentuk uang tunai dan kartu hadiah, bagi warganya yang bersedia divaksin sebelum 15 Juni.

Ini insentif paling menguntungkan, di tengah rendahnya tingkat vaksinasi di California yang penduduknya skeptis terhadap vaksin COVID-19. Total 116,6 juta dolar AS disiapkan atau setara Rp1.666.782.975.000 

Banyak Hadiah yang Didapat Warga California Jika Mau Divaksin

Padahal, negara bagian yang dipimpin oleh Gavin Newsom ini berencana untuk membuka kembali ekonominya secara utuh, mulai 15 Juni mendatang. Karenanya, ia menggelar vaksin berhadiah dengan gaya lotre ini. 

"Mendapatkan setiap warga California yang memenuhi syarat divaksinasi adalah cara kami mengembalikan keadaan kami dari pandemi ini," kata Newsom, melansir Reuters Jumat 28 Mei. 

"Dengan beberapa pengecualian, semua warga California yang divaksinasi sejak vaksinasi pertama kali tersedia akan dimasukkan ke dalam undian untuk hadiah yang lebih besar," lanjut Newsom pada konferensi pers di Los Angeles.

Rincian hadihanya, sepuluh warga California yang divaksin sebelum tanggal tersebut akan memenangkan hadiah bergaya lotere masing-masing sebesar 1,5 juta dolar AS setara Rp21,75 miliar. Kemudian, ada 30 orang yang masih-masing akan memenangkan 50.000 dolar AS setara Rp775 juta

Selain itu, mulai Kamis kemarin dua juta orang California pertama yang divaksinasi, masing-masing akan memenangkan kartu hadiah senilai 50 dolar AS setara Rp725 ribu untuk uang tunai atau bahan makanan.

"Beberapa warga California belum siap untuk mendapatkan vaksin COVID-19 pada hari pertama, dan tidak apa-apa," terang Direktur Departemen Kesehatan Masyarakat California Dr. Tomas Aragon. 

"Program ini dirancang untuk mendorong mereka yang membutuhkan dukungan ekstra untuk mendapatkan vaksinasi dan membantu menjaga keamanan California," sambungnya.

Untuk diketahui, sejumlah negara bagian dan organisasi swasta di AS menawarkan beragam jenis insentif, untuk membujuk orang agar bersedia menerima vaksin COVID-19. Jenis mulai dari tiket bisbol, bir gratis, beasiswa kuliah hingga uang tunai.

Rabu lalu, Ohio memberikan hadiah 1 juta dolar AS kepada Abbigail Bugenske, warga Silverton yang mengikuti undian Vax-a-Million negara bagian. Sementara Joseph Costello, siswa sekolah menengah dari Inglewood, memenangkan beasiswa pendidikan penuh, termasuk uang sekolah, buku, kamar, dan pondokan di universitas atau perguruan tinggi negeri Ohio.

Artikel ini telah tayang dengan judul Rayu Warganya Ikuti Vaksinasi COVID-19, California Bagikan Hadiah Rp1,6 Triliun.

Selain terkait vaksin, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.