5 Bahan Makanan Ini Lebih Baik Tak Disimpan di Kulkas, Apa Saja?
Ilustrasi menyimpan bahan makanan dalam kulkas (Pexels/Max Vakhtbovych)

Bagikan:

SURABAYA – Kulkas atau lemari pendingin merupakan tempat paling aman untuk menyimpan bahan makanan maupun berbagai jenis kuliner yang siap disajikan. Selain agar tanaman tetap terjaga kesegarannya dalam jangka waktu tertentu, disimpan di kulkas juga agar tidak lekas basi.

Tetapi tidak dengan 5 makanan ini, sebab tekturnya yang unik bisa rusak atau membahayakan bagi kesehatan. Selain itu, makanan tertentu baiknya tidak disimpan di kulkas karena bisa merusak rasa makanan lain dalam kulkas. Apa saja makanan tersebut, berikut daftarnya.

Tomat

Jika meletakkan tomat dalam lemari pendingin, maka proses pematangan akan berhenti dan mengalami perubahan rasa. Ini disebabkan perubahan struktur kimia, yaitu senyawa volatil yang akan memengaruhi rasa.

Tekstur dan warna akan dipengaruhi suhu kulkas. Suhu kulkas dibawah 5 derajat selsius dapat mengubah tekstur buah menjadi lebih lembut.

Kentang

Kentang memang harus disimpan di tempat sejuk dan dingin. Baiknya disimpan dengan dibungkus kertas atau kantong berlubang agar tetap kering.

Apabila disimpan di kulkas, tepung kentang akan menjadi glukosa sehingga teksturnya pun berubah. Warna berubah dan rasanya akan lebih manis setelah dimasak.

Bawang merah

JIka bawang merah belum dikupas butuh disimpan di tempat kering dan sejuk dengan sirkulasi udara yang baik, bukan di kulkas. Menurut National Onion Association, satu-satunya bawang merah yang bisa disimpan di kulkas, adalah yang sudah dikupas.

Disimpan di kulkas dengan alasan agar kandungan air tetap tinggi dan kelembaban terendah. Dan lagi, menyimpan bawang merah kupas di kulkas perlu memastikan wadah tetap kering. Jika sudah dipotong atau diiris tipis, simpan dalam wadah tertutup. Ini bisa tahan disimpan hingga tujuh hari.

Sedangkan bawang putih, jika ditaruh di kulkas akan jadi lapuk. Cara terbaik menyimpan bawang putih ialah pada suhu ruangan di wadah yang kering dan gelap serta memiliki sirkulasi udara yang cukup.

Roti

Kulkas adalah tempat terburuk untuk menyimpan berbagai jenis roti. Roti berbahan tepung dan margarin akan mengering serta keras jika disimpan di kulkas. Itu berarti, menyimpan roti di lemari berpendinging dapat merusak tekstur dan rasanya.  

Pisang

Meletakkan pisang setelah matang ke dalam kulkas bisa membantu makanan ini tetap matang selama beberapa hari. Lebih dari tiga hari, kulitnya akan menghitam meskipun buahnya tetap terjaga. Tapi, jika meletakannya saat masih mentah, buah ini enggak akan pernah matang.

Paling tepat menyimpan pisang, simpan pada suhu ruangan dengan menutup kertas bagian bonggolnya. Ini bertujuan memperlambat proses pematangan sehingga enggak mudah busuk.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Bahan Makanan yang Baiknya Enggak Disimpan di Kulkas.

Selain terkait bahan makanan , dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.