Anies Baswedan Merapat ke NU Jatim, Pengamat: Mulai Dekati Kelompok Islam yang Mainstream
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (FOTO VIA Instagram aniesbaswedan

Bagikan:

SURABAYA - Kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Jawa Timur dan bertemu dengan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim Marzuki Mustamar di Kota Malang, pekan lalu mendapat sorotan.

Anies sendiri mengatakan bahwa kunjungan tersebut sebatas silaturahmi. Akan tetapi, Anies dianggap tengah mencari dukungan kelompok islam menuju Pilpres 2024.

Anies Disebut Cari Dukungan NU

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, Anies merapat ke NU lantaran dirinya ingin mendulang dukungan pada ormas islam yang moderat. Cara tersebut tentu berbeda dengan Anies saat Pilgub DKI yang lekat dengan ormas FPI.

"Anies kan selama ini dipersepsikan orang dekat dengan kelompok kanan. Islam yang agak keras. Nah, saat ketemu dengan PBNU Jatim ini, tentu Anies ingin menghilangkan kesan itu bahwa dia juga bisa berteman baik dengan kelompok islam moderat, mayoritas seperti NU itu," kata Adi saat dihubungi, Senin, 15 November.

Adi juga menilai bahwa selama ini NU agak sulit menerima Anies karena sikap politiknya saat Pilgub DKI 2017. Dengan melakukan pertemuan dengan Ketua PWNU Jatim, setidaknya Anies ingin menghilangkan kesan eksklusivitas dengan satu kelompok saja.

"Dengan demikian, Anies sekarang mulai dekati kelompok islam yang mainstream. Makanya, Anies bukan cuma silatuhmi ke kelompok NU yang memang selama ini bsrjarak dengan Anies," tutur Adi.

Kenapa Anies Memilih PWNU Jawa Timur

Selama ini Jawa Timur memang jadi basis masa NU terbesar. Hal itu yang menurut Adi jadi dasar mengapa Anies memilih wilayah tersebut. Selain itu, Anies juga belum banyak dikenal di di luar Jabodetabek.

"Kenapa ke Jawa Timur? Karena memang basis NU terbesar itu di Jawa Timur. Selama ini kan Anies cuma dikenal di sebagin wilayah saja, Jakarta, Jawa Barat, dan, Banten. Tapi di daerah lain orang banyak yang enggak kenal Anies,"  katanya.

Sebagai informasi, Anies menyempatkan diri bertemu dengan Ketua PWNU Jawa Timur Marzuki Mustamar di Kota Malang, saat menghadiri acara seminar di Surabaya. Lalu, ia juga berkunjung ke Pondok Pesantren Sabilurrosyad.

Anies Mengaku Sedang Silaturahmi

Anies mengatakan kunjungan ke pondok pesantren dan kediaman Marzuki tersebut dalam rangka silaturahmi. Mengingat pada hari yang sama, ia juga menghadiri agenda seminar yang diselenggarakan di Surabaya.

"Saya ada seminar di Surabaya. Pada saat Pak Kiai ke Jakarta, kami sama-sama janjian, kalau suatu saat saya akan mampir. Jadi hari ini niatan silaturahimnya ditunaikan," ucap Anies pada Jumat, 12 November.

Namun, saat ditanya apakah kunjungan tersebut ada kaitannya dengan rencana untuk turut serta dalam Pilpres 2024, Anies menjawab bahwa saat ini dirinya saat ini masih fokus untuk mengurus DKI Jakarta.

"Saya lagi ngurusi Jakarta, sekarang ngurusi Jakarta. (2024) ada apa memang? Kami silaturahim saja. Doakan semuanya lancar, sampai ke Surabaya sehat terus," ujar Anies.