Mantan Walkot Padang Galang Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru: 7 Ton Rendang Bakal Dikirim ke Lumajang
Ilustrasi bantuan korban bencana (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Bantuan untuk korban erupsi Semeru terus berdatangan. Tidak hanya dari wilayah Jawa Timur, bantuan juga datang dari masyarakat Sumatera Barat. Mereka berinisiatif untuk mengumpulkan tujuh ton rendang yang nantinya akan dikirim ke Lumajang, Jawa Timur.

"Terkait dengan musibah erupsi Semeru di Lumajang, Gubernur mengajak seluruh OPD dan juga bagi masyarakat Sumbar agar ikut membantu korban dengan mengumpulkan rendang. Pengumpulan bantuan rendang dengan target minimal 1 ton, selambat-lambatnya dikumpulkan ke BPBD Sumbar Jumat 10 Desember 21 pukul 17.00 WIB," jelas Kadis Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal, di Padang dikutip Antara, Kamis, 9 Desember.

Penggalangan Rendang untuk Korban Erupsi Semeru

Mantan Wali Kota Padang, Fauzi Bahar melakukan penggalangan bantuan. Ia menggandeng lembaga penyalur bantuan, Lanud Sutan Syahrir, Gebu Minang Sumbar, PPM Sumbar bersama wanita Koperasi IKA Boga Kota Padang dengan target 5 ton rendang.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan juga menginisiasi masak rendang bersama dengan bundo kanduang atau ibu-ibu di daerahnya. Untuk itu, mereka menyembelih tiga ekor sapi untuk mmebuat satu ton rendang yang juga akan dikirimkan bagi korban erupsi Gunung Semeru.

Inisiasi Pengumpulan Rendang

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi juga menginisiasi pengumpulan rendang dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat untuk disalurkan pada korban erupsi Semeru. Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan oleh Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Sabtu, 11 Desember.

"Bantuan direncanakan akan dikirimkan ke Lumajang pada hari Sabtu 11 Desember 2021 dan langsung dibagikan kepada masyarakat di lokasi pengungsian," katanya.

Tak hanya mengumpulkan rendang, Jasman mengatakan mengumpulkan bantuan lain, di antaranya lewat penggalangan sumbangan melalui Sumbar Peduli Sesama dengan sasaran untuk masyarakat yang terdampak juga disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Termasuk juga bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar.

Gubernur Sumbar Ucap Bela Sungkawa

Terkait bencana yang merenggut korban jiwa dan ribuan masyarakat terdampak tersebut, Gubernur secara pribadi melalui akun Instagramnya pada Sabtu, 4 Desember, juga telah menyampaikan secara langsung ungkapan belasungkawa.

“Gubernur juga mengajak segenap masyarakat untuk mendoakan keselamatan dan diberikan kesabaran untuk saudara-saudara yang terkena musibah di Lumajang,” ujarnya.