Angin Kencang di Banyuwangi Sebabkan Pohon Tumbang, BMKG Peringatkan Peningkatan Kecepatan Angin hingga Banjir Rob
Pohon tumbang disebabkan angin kencang di Banyuwangi Jawa TImur (FOTO IST)

Bagikan:

BANYUWANGI  - Angin kencang di Banyuwangi, Jawa Timur menyebabkan beberapa pohon rubuh dan menutup jalan. Selain itu ada pula pohon yang menimpa sebuah mobil di Jalan Mangir, Rogojampi Banyuwangi. Pohon yang menutup jalan berdampak pada lumpuhnya arus lalu lintas.

Angin kencang di Banyuwangi tumbangkan pohon 

Salah satu warga, Affan, menjelaskan bahwa pohon di sisi Timur jalan tiba-tiba roboh. Waktu itu embusan angin cukup kencang.

"Bergerak pelan dan roboh menutup jalan. Untungnya pas sepi," jelas warga yang tinggal di sekitar lokasi, Selasa, 21 Desember.

Saat ini pengguna jalan masih tertahan di dua arah. Warga masih menunggu proses pembersihan batang pohon yang menutup jalan.

Petugas Pusdalog BPBD Banyuwangi Saiful Andrianto menjelaskan, petugas belum bisa turun ke lokasi karena mereka juga tengah melakukan penanganan peristiwa serupa di Banyuwangi.

"Di Kota Banyuwangi ada dua lokasi, sekarang masih penanganan," jelasnya.

Waspada angin dan banjir rob

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi Yustoto Windiarto menjelaskan bahwa angin kencang ini dikarenakan adanya pumpunan angin. Di mana angin bertekanan tinggi berembus menuju angin bertekanan lebih rendah.

Angin kencang ini akan berlangsung selama dua hari berpotensi menyebabkan banjir rob. Cuaca juga diprakirakan hujan.

"Waspadai meningkatnya kecepatan angin. Waspadai potensi banjir rob. Untuk wilayah Banyuwangi diprediksi terjadi pada malam hari bersamaan pasang air laut maksimum sekitar jam 21.00 WIB. Masyarakat pesisir dan nelayan tambak dihimbau waspada dan mengantisipasinya," ujar Yustoto terpisah.