Wali Kota Eri Cahyadi Sebut Surabaya Siap Jadi Tuan Rumah 100 Tahun Hari Lahir NU
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat memberikan sambutan di acara Napak Tilas Hoofdbestuur Nahdlatoel Oelama (HBNO) di Kota Surabaya, Kamis (17/2/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Kota Surabaya, Jawa Timur siap menjadi tuan rumah momen peringatan satu abad atau 100 tahun Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU) pada 16 Rajab 1444 Hijriah atau 2023 Masehi. Kesiapan Surabaya dalam 100 Tahun Hari Lahir NU tersebut disampaikan secara langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

"Mohon maaf, bila diperkenankan Surabaya dan seluruh warga di daerah ini siap menjadi tuan rumah satu abad NU pada tahun mendatang," ucap Wali Kota Eri Cahyadi saat menghadiri Napak Tilas Hoofdbestuur Nahdlatoel Oelama (HBNO) di Surabaya dilansir Antara, Kamis, 17 Februari.

Surabaya dan 100 Tahun Hari Lahir NU 

Dalam acara tersebut dihadiri pula Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf, Sekjen PBNU K.H. Saifullah Yusuf, Bendahara PBNU Mardani Maming, Ketua PBNU Alissa Wahid, jajaran PBNU lainnya serta Ketua PCNU Surabaya K.H. Ahmad Muhibbin Zuhri.

Patut diketahui bahwa NU didirikan oleh para ulama di bawah kepemimpinan K.H. Hasyim Asyari pada 31 Januari 1926 atau 16 Rajab 1344 di Surabaya. Lalu pada 22 Oktober 1945, terjadi peristiwa bersejarah kala "Resolusi Jihad" yang dipelopori oleh  K.H. Hasyim Asy'ari di Surabaya, tepatnya di HBNO Surabaya. Dari sana semakin berkobar semangat nasionalisme melawan penjajah.

"Sebagai arek Suroboyo, kami sangat bangga karena kota ini memiliki keterkaitan yang erat dengan NU. NU dan Surabaya itu satu bagian yang tidak terpisahkan," ujarnya.

HBNO Jadi Kantor PCNU

Selain siap menjadi tuan rumah peringatan satu abad NU, Eri Cahyadi juga meminta izin untuk menjadikan HBNO yang kini menjadi kantor PCNU Surabaya sebagai museum yang berisikan sejarah perkembangan NU, termasuk di dalamnya penerapan teknologi dalam berbagai syiar NU.

"Sehingga, anak-anak muda tahu bahwa sejak awal NU telah berada di garda depan untuk merebut kemerdekaan. Kini NU di bawah kepemimpinan K.H. Miftachul Akhyar dan K.H. Yahya Cholil Staquf selalu konsisten memberdayakan umat dan menjaga NKRI," ujarnya.

Eri Cahyadi Puji Anak Muda NU

Eri Cahyadi mengaku bangga dengan visi kepemimpinan K.H. Miftachul Akhyar dan K.H. Yahya Cholil Staquf yang kini sangat getol melakukan pemberdayaan umat dan memacu digitalisasi di setiap sendi kehidupan kaum Nahdliyin.

"Menyongsong 100 tahun Nahdlatul Ulama, betapa pesatnya perkembangan NU. Anak-anak muda NU tidak hanya cakap ilmu agama, tidak hanya menguasai kitab kuning, tidak hanya ahli wirid, tidak hanya pro NKRI, tetapi juga aktif berwirausaha, berkegiatan sosial, dan menguasai teknologi informasi," katanya.