Capaian Vaksinasi Booster Warga Malang Masih Kecil karena Setok Vaksin Sedikit
Ilustrasi vaksin booster (Parang Mehta on Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Capaian vaksinasi booster warga Malang, Jawa Timur ternyata masih kecil, baru sebesar 14,5 persen. Padahal, total target sasaran yang ditetapkan yakni 856 ribu jiwa.

Kendala Vaksinasi Booster Warga Malang

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa pihaknya terkendala dengan ketersediaan vaksin yang ada di wilayahnya. 

"Booster masih di angka 14,5 persen. Kendalanya masih berkaitan dengan ketersediaan vaksin," kata Sutiaji, Senin 14 Maret dilansir dari Antara.

Menurut Sutiaji, dalam ketentuan awal, pemberian vaksin penguat minimal enam bulan setelah vaksin dosis lengkap didapatkan warga. Akan tetapi ketentuan tersebut berubah, jadi yang semula enam bulan menjadi tiga bulan saja.

Percepatan Vaksinasi Terus Diupayakan

Menurut dia Pemerintah Kota Malang saat ini berupaya untuk melakukan percepatan pemberian vaksin penguat dan meminta agar masyarakat bisa terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin terutama saat beraktivitas di luar rumah.

"Saya mohon kepada masyarakat bahwa kita saat ini bukan lagi pembatasan tapi protokol kesehatan dan tetap kita kendalikan (penyebaran COVID-19). Protokol kesehatan menjadi yang utama," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif menambahkan, pihaknya baru saja mendapatkan 300 vial vaksin penguat jenis Pfizer. Sebanyak 300 vial yang bisa dipergunakan untuk 2.000 orang tersebut sudah didistribusikan ke puskesmas yang ada.

"Kita memang menerima saja dari provinsi dan kementerian. Kemarin baru mendapatkan 300 vial Pfizer atau sekitar 2.000 dosis, terbatas memang," ujarnya.

Prioritas Pemberian Vaksin Booster

Ia menambahkan, pemberian vaksin booster tersebut saat ini masih difokuskan pada masyarakat dengan kelompok usia di atas 18 tahun. Jika dalam waktu dekat Dinas Kesehatan kembali menerima pasokan vaksin, maka akan segera didistribusikan ke rumah sakit yang ada.

"Saat ini memang baru 14,5 persen. Begitu vaksin datang, langsung distribusi. Ini sementara datang sedikit ke puskesmas dahulu, nanti datang lagi untuk klinik dan rumah sakit," katanya.

Sementara itu, lanjutnya, terkait dengan penggunaan ribuan vaksin AstraZeneca yang telah melewati masa kedaluarsa, Dinas Kesehatan Kota Malang masih menunggu aturan dari Kementerian Kesehatan dan Indonesian Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI).

"(Surat rekomendasi) belum turun, jadi booster yang kita pakai hari ini adalah Pfizer. AstraZeneca masih belum dipergunakan," katanya.

Pencapaian Vaksinasi di Malang

Tercatat, pencapaian vaksinasi di wilayah Kota Malang untuk dosis pertama mencapai 115 persen dan dosis kedua sebanyak 110 persen.

Di wilayah itu, ada sebanyak 28.034 kasus konfirmasi positif COVID-19 dengan kasus aktif sebanyak 923 kasus. Dari total kasus konfirmasi itu, sebanyak 25.932 orang dilaporkan telah sembuh, sebanyak 1.179 orang dinyatakan meninggal dunia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Berapa Banyak Warga Malang yang Sudah Disuntik Booster? Baru 14,5 Persen karena Setok Vaksin Sedikit.