Jelang Mudik Lebaran, Tiket Kereta Api dari Jateng ke Jatim Laris Manis Hampir Habis
Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Menjelang momen mudik Lebaran, PT Kereta Api Indonesia (Persero) tiket kereta api dari Jawa Tengah ke Jawa Timur pada 27 April hingga 1 Mei 2022 hampir semua ludes terjual hingga 95-99 persen.

"Artinya, perjalanan mulai tanggal 27 April sampai dengan 1 Mei 2022 tingkat keterisiannya sudah sangat padat, sudah 95-99 persen," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Antara, Selasa, 26 April.

Mudik Lebaran ke Jatim Padat

Ia menjelaskan bahwa tiket kereta pada periode tersebut yang tersedia hanya jenis KA perjalanan jarak sedang seperti Cirebon dan Bandung.

"Kalau untuk Jawa Tengah atau Jawa Timur okupansinya sudah sangat padat sekali," tuturnya.

Ia menyarankan kepada pengguna jasa KA yang baru akan melakukan pemesanan tiket untuk memilih tanggal usai perayaan Lebaran jika tetap ingin menggunakan kereta api sebagai transportasi mudik.

"Ada tanggal-tanggal yang masih dalam momen Lebaran, misalnya seperti H+1 H+2 H+3, ini bisa menjadi alternatif. Pada tanggal 3-5 Mei masih dapat ketersediaan tempat duduk sekitar 50 persen," tuturnya.

Pemudik Diminta Atur Barang Bawaan

Eva mengimbau kepada para pemudik yang menggunakan jasa kereta api untuk mengatur barang bawaannya mengingat jumlah penumpang yang cukup padat.

"Mohon untuk mengatur barang bawaannya. Artinya jangan membawa barang terlalu berlebihan dan bisa menimbulkan resiko tertinggal ataupun juga karena kerepotan hingga akhirnya ditinggal di KA," katanya.

Di samping itu, ia juga mengimbau kepada para pemudik untuk memperhatikan keterangan waktu pemberangkatan.

"Ada dua keterangan waktu. Pertama waktu keberangkatan dari Stasiun awal, yang kedua waktu kedatangan KA di Stasiun tujuan. Nah ini ada beberapa yang salah membaca akhirnya tertinggal KA. Jadi perhatikan kembali pada tiket tanggal dan jam keberangkatan," tuturnya.