Sejarah Singkat May Day: 1 Mei Diperingati sebagai Hari Buruh Internasional
Ilustrasi Hari Buruh Internasional.(Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

SURABAYA – Hari ini, 1 Mei, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional atau May Day. Sejarah singkat May Day diperingati dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggelar aksi damai yang diikuti para buruh dari berbagai bidang.

Aksi damai yang dilakukan pada May Day memang jadi semacam ritual bagi para buruh. Bahkan, Indonesia menetapkan Hari Buruh Internasional sebagai hari libur nasional, sehingga para buruh dapat menggunakan hari libur tersebut dengan kegiatan lain.

Sejarah Singkat May Day

Sejarah singkat Hari Buruh Internasional berawal dari sebuah demonstrasi yang dilakukan pada tanggal 1 Mei 1886 di Heymarket, Chicago, Amerika Serikat (AS).

Saat itu ada kurang lebih 350 ribu buruh yang melakukan aksi turun ke jalan. Banyaknya peserta aksi membuat kota lumpuh. Mereka diorganisir oleh Federasi Buruh Amerika untuk mogok kerja. Aksi tersebut sebagai bentuk protes mereka karena menuntut untuk bekerja selama 8 jam sehari.

Tuntutan tersebut sebagai dobrakan para buruh untuk memprotes jam kerja selama 18 jam sehari oleh perusahaan. Lamanya durasi bekerja membuat para buruh mengalami gangguan kesehatan, rendahnya harapan hidup, hingga kematian. Di sisi lain para buruh yang menolak durasi tersebut akan mendapatkan potongan gaji.

Demo yang terjadi pada 1 Mei dilangsungkan selama beberapa hari. Tak hanya sekadar turun ke jalan, saat itu ada pula tragedi ledakan bom.

Sejarah Singkat Hari Buruh Internasional Ditetapkan di Paris

Pemilihan tanggal 1 Mei tidak begitu saja terjadi. Aksi yang diikuti oleh ratusan ribu buruh kemudian menghasilkan sebuah kongres yang diadakan di Paris, Prancis pada 1889.

Tanggal tersebut dipilih oleh Federasi Internasional Kelompok Sosialis dan Serikat Pekerja sebagai peringatan untuk mengenang peristiwa Haymarket di Amerika Serikat pada 1886.

Dari penetapan tersebut May Day alias Hari Buruh Internasional diperingati setiap 1 Mei. Dilansir dari laman Industrial Worker of the World, kini setidaknya ada lebih dari 66 negara di dunia yang ikut merayakan 1 Mei sebagai Hari Buruh Dunia.

Selain terkait sejarah singkat May Day, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.