Dinkes Surabaya Klaim Masyarakat Antusias Manfaatkan Jamkes Semesta
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA – Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengatakan bahwa antusias masyarakat Surabaya dalam memanfaatkan Universal Health Coverage atau Jaminan Kesehatan Semesta (JKS) di beberapa fasilitas kesehatan selama April 2021 lumayan tinggi.

Peserta Jamkes Semesta Hampir Mencapai Seribu Orang

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan per April, warga yang telah mendaftar sebagai peserta JKS ada 892 orang.

"Dari angka 892 merupakan gabungan pendaftar dari rumah sakit dan kelurahan dan angka ini masih terus bertambah tiap jamnya," katanya, dilansir dari Antara, Jumat, 30 April.

Oleh karenanya ia berharap agar ke depannya makin banyak warga Surabaya yang memanfaatkan layanan JKS. Febria juga mengimbau kepada masyarakat agar segera mendaftar menjadi peserta JKS.

"Kami berharap semua warga menyempatkan diri mendaftarkan. Sebaiknya daftar di kelurahan artinya pada saat kondisi masih sehat jangan menunggu sakit. Tetapi untuk warga yang sedang sakit tetap dilayani di puskesmas terdekat. Untuk mekanisme rujukan tetap berjenjang," ujarnya lagi.

Sebelumnya Febria mengatakan pendaftaran JKS dapat dilakukan lewat aplikasi Edabu Jamkesda yang telah disiapkan oleh BPJS Kesehatan untuk menginput calon data warga ingin masuk dalam kepesertaan JKS.

Aplikasi tersebut hanya bisa diakses oleh internal Pemerintah Kota Surabaya dan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS untuk menyediakan layanan kesehatan pada masyarkat.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa semua staf keluarahan menerima pengarahan  dalam penggunaan aplikasi itu dari petugas puskesmas di masing-masing wilayah. Bahkan, para petugas juga dibekali informasi dan pengetahuan tentang JKS.

Selain terkait Jamkes Semesta di Surabaya, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.