Penyebaran COVID-19 di Indonesia Mulai Reda, Luhut Tunjukkan Sikap Rendah Hati
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Dok. Kemenko Marves)

Bagikan:

SURABAYA – Penyebaran COVID-19 di Indonesia pelan-pelan berhasil ditekan. Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Pandjaitan mengaku bahwa kesuksesan tersebut adalah hasil kerja tim. Ia tak mengklaim bahwa keberhasilan tersebut adalah hasil kerjanya belaka.

Seperti diketahui, persebaran COVID-19 di Indonesia saat ini sudah mulai turun. Hal ini terlihat dari positivity rate orang harian per tanggal 22 September yang ada di angka 1,47 persen.

Penyebaran COVID-19 di Indonesia Jauh Turun

Kasus konfirmasi di tanggal tersebut juga tercatat bertambah di angka 2.720. Dibandingkan dengan bulan sebelumnya angka tersebut sudah jauh menurun.

"Keberhasilan penanganan COVID-19 kemarin itu juga sebenarnya pekerjaan tim. Tidak boleh satu orang mengklaim bahwa itu karena dirinya. Karena itu saya juga tidak pernah merasa bahwa ini karena kerjaan saya," katanya.

Mahasiswa Ikut Andil Penanganan COVID-19 di Indonesia

Menurut Luhut, keberhasilan penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air juga ada andil anak muda di kantornya, mahasiswa, hingga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Tak lupa juga dukungan dari pangdam, kapolda, kapolres, koramil, sampai panglima TNI dan Kapolri.

"Satu tim. Saya kira bisa begini saya pikir tentu karena leadership presiden yang kuat," ucapnya.

Luhut juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan tidak boleh lengah dalam penerapan protokol kesehatan COVID-19. Sebab, COVID-19 masih sangat mengancam dan membayangi.

"Saya tadi malam dengan teman-teman di luar negeri, mereka apresiasi tapi mereka juga sama pandangannya dengan saya. Karena obatnya belum ketemu dan vaksin efikasinya masih di sekitar 70 persen," tuturnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Indonesia Berhasil Tekan Penyebaran COVID-19, Luhut: Saya Tidak Pernah Merasa Ini Kerjaan Saya, Ini Kerja Tim.

Selain terkait penyebaran COVID-19 di Indonesia, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.