Sempat Jadi Wanita, Aprilio Manganang Melamar Akhirnya Melamar Kekasih Perempuannya
Aprilio Manganang dan kekasihnya (manganang92)

Bagikan:

SURABAYA - Aprilio Perkasa Manganang tengah dirundung senang. Pasalnya, ia baru saja mengumumkan pertunangannya dengan Claudia. Pertunangan tersebut dilakukan setelah Aprilio Manganang memutuskan untuk jadi lelaki.

Aprilio Manganang Berubah Jadi Laki Seutuhnya

Aprilio Perkasa Manganang sendiri adalah mantan pevoli putri nasional. Ia terlahir dengan identitas sebagai perempuan. Lalu pada Februari 2021 lalu, ia mengubah identitasnya menjadi laki-laki seutuhnya. Perubahan tersebut dilakukan atas bantuan medis dari TNI.

Sejak 19 Maret lalu, Pengadilan Negeri (PN) Tondano mengabulkan permohonan pergantian nama Sersan Dua (Serda) Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang. 28 tahun menjadi pria dalam tubuh wanita karena kelainan hipospadia tentu bukanlah hal yang mudah.

Mengenal Hipospadia 

Hipospadia adalah kelainan kongenital yang mana muara uretra yang terletak lebih dekat dengan tubuh dibandingkan lokasi seharusnya. Mengutip dari Jurnal Berkala Ilmiah Kedokteran Duta Wacana, kelainan ini terjadi sejak masa embrio dan dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Salah satu faktor yang memengaruhi hipospadia adalah paparan estrogen atau zat anti-androgen pada masa kehamilan. Hal inilah yang lantas membuat orang tuanya yakin, Aprilia adalah wanita.

Mantan pevoli putri Indonesia, Aprilio Perkasa Manganang resmi bertunangan dengan kekasihnya pada Sabtu, 22 Januari. Dalam unggahan foto tersebut, Aprilio dan kekasihnya, Claudia sama-sama menggunakan batik sepasang berwarna coklat.

"Tidak ada kata lain selain mengucap syukur atas semua perjalanan hidup yang Tuhan Yesus berikan dan ahkirnya bisa menemukan orang yang tepat yang bisa menerima semua ketidak sempurnaan untuk dijadikan sempurna dan indah.. thanks and love you so much sayang," tulis Aprilio.

Pengakuan Claudia

Tentu tak mudah bagi Claudia untuk menerima masa lalu Aprilio Manganang. Claudia mengunggah momen serupa saat acara tunangan dengan Aprilio dan mengakuinya.

"Milikilah seseorang yg tulus memilihmu dalam kondisi apapun, mengetahui rahasia dan ikhlas menerima masa lalumu," tulis Claudia.