Cara Mengatasi Kaki Sering Dingin Agar Tak Berdampak Buruk Bagi Kesehatan
Ilustrasi Cara Mengatasi Kaki Terasa Dingin (Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Pernahkah Anda merasa kaki sering dingin meski sudah mengenakan kaos kaki tebal? Hal itu bisa jadi indikasi terntentu untuk kesehatan. Anda setidaknya harus tahu cara mengatasi kaki sering dingin. 

Kepala Kesehatan di Juno Medical, Aarti Agarwal, MD, seperti dikutip dari Real Simple, menjelaskan bahwa kaki dingin bisa jadi hal yang alami. Selain itu, kaki dingin memang bisa jadi gejala kesehatan. Namun biasanya hal itu terjadi karena massa otot yang lebih rendah. Lalu, bagaimana tips mengatasi kaki dingin?

Cara Mengatasi Kaki Sering Dingin

Anda mungkin memerlukan pendapat dokter untuk mengungkap penyebab kaki Anda dingin sehingga mendapatkan perawatan medis yang tepat. Namun, dokter dapat memastikan Anda tidak memiliki masalah medis yang perlu dikhawatirkan, sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda dalam kondisi prima.

Berikut beberapa tips dasar dan kebiasaan sehat untuk menghangatkan kaki Anda yang dingin:

  1. Lakukan peregangan kaki. Menurut Dr. Agarwal, bergerak dapat membuat beberapa darah mengalir ke kaki Anda, yang dapat membantu Anda menghangatkannya.
  2. Olahraga teratur adalah salah satu cara mudah untuk meningkatkan sirkulasi darah Anda, yang dapat membantu Anda mencegah kaki dingin.
  3. Pakai botol air panas atau bantalan pemanas.
  4. Minimalkan stres karena srena stres dapat menyebabkan ekstremitas Anda menjadi dingin, ada baiknya mengurangi stres di mana pun Anda bisa.
  5. Kenakan kaus kaki untuk menghangatkan dan melindungi kaki yang dingin secara kronis.
  6. Kurangi merokok karena telah dikaitkan dengan beberapa gangguan pembuluh darah. Dengan mengurangi bahkan berhenti merokok, Anda mungkin dapat mengurangi risiko mengalami beberapa kondisi kesehatan lain termasuk kaki dingin.