Sempat Dianggap Membenarkan, Ustaz Yusuf Mansyur Bicara Tentang Boneka Arwah
Ustaz Yusuf Mansyur berpendapat soal boneka arwah. (Foto VOI)

Bagikan:

SURABAYA - Boneka arwah akhir-akhir ini jadi perdebatan di media sosial. Bahkan, Ustaz Yusuf Mansyur ikut mengomentari fenomena tersebut. Ia juga sempat dianggap membenarkan trend spirit doll yang dilakukan sejumlah artis. Atas hal tersebut, Ustaz Yusuf melakukan klarifikasi.

Ustaz Yusuf Mansyur Beri Klarifikasi

Ustaz Yusuf Mansyur mengatakan bahwa tak benar dirinya membolehkan boneka arwah. Ia juga tak membenarkan bahwa dirinya menyerukan hal tersebut. 

"Tidak benar kalau saya membolehkan boneka arwah seperti yang sempat diberitakan oleh salah satu stasiun televisi. Memelihara boneka arwah itu susuatu yang dilarang atau diharamkan. Tidak benar kalau saya menyerukan hal itu kalau mau bahagia," katanya.

Meski demikian, Ustaz Yusuf Mansyur mempersilakan boneka biasa yang kerap dibeli masyarakat. 

"Kalau sekadar boneka yang digunakan untuk mengafirmasikan dalam hal ini untuk membantu dan menjadi kesenangan itu masih wajar. Atau untuk menjadi penyemangat besok Insya Allah akan punya anak beneran. Suatu hari ini akan menggendong anak beneran bukan boneka," ucapnya.

Boneka Arwah Dianggap Berlebihan

Dia mengibaratkan saat orang ingin punya mobil, lalu dia beli mobil-mobilan dulu. "Jadi sebelum punya mobil beneran beli mobil-mobilan dulu. Di tempatkan di tempat terbaik dan dilap dan sebagainya. Saya  kira hal seperti ini masih oke," lanjutnya.

Saat boneka sudah diisi dengan arwah itu menurutnya sudah katagori berlebihan. "Apa pun kalau sudah berlebihan akan tidak baik jadinya. Namun untuk konteks ini dicek dulu apa benar boneka yang dipelihara seseorang kalau di muslim atau muslimah benar-benar ada arwahnya. Jangan terlalu gampang menghakimi," katannya.

Muslim Haram Pelihara Boneka Arwah

Namun kalau benar ada orang muslim yang memelihara boneka yang diisi arwah hal itu hukumnya haram. "Kalau sudah diisi arwah itu tidak boleh, haram hukumnya," lanjutnya kembali menyarankan untuk mereka yang terobsesi punya anak dia anjurkan untuk mengadopsi anak beneran.

"Jadi yang dilakukan benar-benar pada bayi atau anak yang sesungguhnya. Tidak perlu dengan boneka arwah yang katanya diisi arwah itu," tegas Ustaz Yusuf Mansyur.

Artikel ini telah tayang dengan judul Soal Boneka Arwah yang Menghebohkan, Ini Kata Ustaz Yusuf Mansyur.

Selain terkait Ustaz Yusuf Mansyur, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.