Penyebab Kecelakaan Band Debu: Polres Probolinggo Duga Sopir Mengantuk
Kondisi mobil grup band religi Debu yang mengalami kecelakaan di Tol Pasuruan-Probolinggo. (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Rombongan grup band religi Debu mengalami kecelakaan di Tol Pasuruan-Probolinggo, Jawa Timur, Senin 18 April. Dalam kejadian tersebut, suami istri warga negara asing (WNA) yang juga anggota band ikut tewas dalam kecelakaan tersebut. Lalu, apa penyebab kecelakaan band Debu?

Penyebab Kecelakaan Band Debu

Kanit Laka Satlantas Polres Probolinggo Kota Aiptu Eko Juli menjelaskan bahwa saat ini anggotanya telah menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kecelakaan.

"Dugaan sementara sopir mengantuk," kata Aiptu Eko saat dikonfirmasi pada Senin 18 April.

Rombongan grup band religi Debu yang mengendarai mobil Toyota Vellfire dengan nomor polisi L 1055 DL mengalami kecelakaan di kilometer 837.200/B Tol Pasuruan-Probolinggo pada Senin pukul 00.00 WIB.

Korban dalam Kecelakaan

Kecelakaan itu menyebabkan Firdaus (31) warga Singapura dan Al Haddad Amal Sheikh Aidaros (30) warga Malaysia, yang merupakan pasangan suami istri, meninggal dunia.

Sedangkan yang mengalami luka berat yakni Daood Abdullah Al Daood (35) yang tercatat sebagai warga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dan Umar (28) tercatat sebagai warga Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

Korban yang mengalami luka ringan yakni Jamilah Binti Abdul Kadir warga Malaysia dan sopir yang mengemudikan kendaraan tersebut yakni Miarto tercatat sebagai warga Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Semua korban dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Mohammad Saleh Kota Probolinggo untuk mendapat perawatan bagi korban yang mengalami luka berat dan ringan," tuturnya.

Kronologi Kecelakaan

Ia menjelaskan kronologis kejadiannya semula kendaraan Toyota Vellfire berjalan dari timur arah ke Pasuruan dilajur lambat, diduga pengemudi mengantuk dan tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya sehingga menabrak kendaraan Truk gol III yang berjalan searah di depannya (meninggalkan TKP).

"Posisi terakhir kendaraan Vellfire melintas menutup lajur dan kondisinya rusak parah. Dugaan sopir mengantuk, namun saat kami minta keterangan yang bersangkutan membantah kalau mengantuk, semuanya masih kami selidiki," katanya.

Eko mengatakan semua korban yang mengalami luka berat dan ringan yang kini dirawat di RSUD dr Moh. Saleh Kota Probolinggo rencananya akan dirujuk ke RSUD dr Soetomo dan RS Graha Amerta Surabaya.